Apa Gejala Corona COVID-19?

Gejala COVID-19 akibat virus corona
Gejala COVID-19 akibat virus corona

Virus Corona ada di sekitar kita saat ini. Siapa saja bisa terinfeksi virus ini, khususnya virus corona yang pertama kali mulai ada di Wuhan, China. Dan saat ini, hampir seluruh dunia sedang berjuang memerangi virus ini dan telah menyebabkan banyak korban yang terinfeksi bahkan korban jiwa. Karena itu, kita perlu tahu apa itu virus corona, apa gejala corona dan cara terhindar dari penyakit COVID-19 ini.

 

Apa itu Virus Corona?

Virus Corona adalah keluarga virus yang bisa menyebabkan berbagai penyakit flu. Keluarga virus ini telah menyebabkan berbagai wabah sejak lama. Misalnya wabah SARS atau Sindrom Pernafasan Akut Parah pada sekitar tahun 2002 dan MERS atau Sindrom Pernapasan Timur Tengah pada sekitar tahun 2012.

Sedangkan pandemi COVID-19 yang terjadi saat ini, juga berasal dari keluarga virus corona, yaitu coronavirus 2 atau yang dikenal dengan nama SARS-CoV-2. Sedangkan penyakit yang disebabkan virus ini adalah COVID-19 atau Penyakit Virus Corona 2019. Dan sejak Maret 2020, penyakit karena virus corona 2019 ini resmi ditetapkan sebagai pandemi.

Baca juga:
Beda Wabah, Epidemi dan Pandemi

Mengingat penyebaran virus corona yang cukup cepat dan saat ini sudah banyak yang terinfeksi COVID-19, kita perlu tahu apa saja gejalanya dari yang paling ringan hingga berat di mana kita sudah harus menghubungi rumah sakit untuk mendapat penanganan intensif.

 

Baca juga:
Mencegah Virus Corona atau COVID-19



 

Apa Saja Gejala COVID-19?

Karena virus corona sebagai penyebab berbagai penyakit flu, maka gejala orang yang terinfeksi virus corona umumnya mirip dengan saat terkena flu. Gejala yang paling umum adalah pilek, batuk dan demam.

Berikut ini bisa menjadi tanda awal Anda gejala terkena corona atau penyakit COVID-19:

  • Demam

    Demam bisa meliputi demam ringan sebagai gejala awal. Namun jika demam yang terjadi cukup parah dengan suhu lebih dari 38 derajat Celsius, maka sebaiknya Anda segera hubungi dokter atau rumah sakit untuk penanganan lebih lanjut.
  • Batuk

    Batuk juga merupakan tanda awal seseorang terinfeksi COVID-19. Umumnya yang terjadi adalah batuk kering.
  • Kelelahan

    Selain demam dan batuk, jika kita tiba-tiba menjadi tidak bersemangat dan mudah lelah, ini juga merupakan gejala awal terkena COVID-19.

Gejala di atas baru merupakan tanda awal terinfeksi virus corona atau terkena penyakit COVID-19. Dan setiap orang bisa memiliki gejala yang berbeda, tergantung daya tahan tubuh.

Namun, jika gejala di atas tidak membaik, dan bahkan ada gejala lainnya, maka sebaiknya segera memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan terdekat untuk mendapatkan diagnosa yang lebih akurat. Beberapa gejala khusus yang menandakan seseorang sudah benar-benar terinfeksi virus corona atau terkena penyakit COVID-19 adalah:

  • Sesak napas
  • Nyeri dada
  • Sakit tenggorokan atau saat menelan
  • Nyeri otot
  • Tidak dapat merasakan rasa makanan atau mencium bau
  • Pusing
  • Beberapa laporan, penderita COVID-19 juga mengalami mual, muntah, dan diare

Kemudian, mengingat virus corona juga menyerang dan merusak paru-paru, maka gejalanya akan mirip dengan penyakit pneumonia.

 

 

Isolasi atau Karantina Mandiri

Isolasi Mandiri Corona COVID-19Jika Anda mengalami beberapa gejala awal di atas yang belum sampai gejala darurat, Anda bisa melakukan isolasi atau karantina mandiri selama paling tidak 14 hari. Mengapa harus 14 hari? Karena masa aktif virus corona adalah sekitar 14 hari. Setelah itu, virus tersebut akan mati karena sistem antibodi tubuh.

Pada masa ini, sebaiknya Anda terus menggunakan masker termasuk saat di dalam rumah. Lalu sering-seringlah mencuci tangan dan menghindari menyentuh perabot rumah yang juga disentuh oleh anggota keluarga.

Bahkan langkah terbaik, adalah Anda tetap berada di kamar dan keluar jika perlu. Supaya Anda tidak menularkan penyakit COVID-19 ke anggota keluarga serumah.

Dan batasi kontak dengan siapapun selama melakukan isolasi mandiri. Hal ini akan mengurangi penyebaran virus corona.

Namun jika gejala pada tubuh Anda tidak kunjung membaik, sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter untuk mendapat diagnosa yang lebih akurat mengenai penyakit Anda. Namun tetap hindari pergi ke rumah sakit karena akan meningkatkan risiko tertular penyakit COVID-19, kecuali Anda sudah mengalami gejala darurat.

 

Gejala Darurat COVID-19

Namun jika terjadi gejala berikut ini, maka Anda atau keluarga Anda sebaiknya segera pergi ke rumah sakit rujukan terdekat untuk pemeriksaan COVID-19. Berikut ini adalah gejala darurat di mana Anda wajib segera ke rumah sakit:

  • Sulit bernapas
  • Nyeri dada cukup kuat
  • Rasa bingung
  • Wajah atau bibir membiru

Gejala-gejala ini bisa terjadi akibat paru-paru Anda sudah tidak bisa bekerja dengan normal dan suplai oksigen ke tubuh Anda jauh berkurang. Jika ini terjadi, segera hubungi rumah sakit untuk mendapatkan penanganan sebelum terlambat.

 

Komplikasi COVID-19

Umumnya penderita COVID-19 bisa sembuh dengan sendirinya. Namun dalam beberapa kasus, penyakit COVID-19 bisa menyebabkan kematian. Hal ini karena virus corona bisa merusak jaringan paru-paru maupun jaringan tubuh lainnya. Berikut ini, beberapa komplikasi yang disebabkan virus corona:

  • Sakit pneumonia
  • Sulit bernapas
  • Kegagalan beberapa organ tubuh
  • Problem pada jantung
  • Gangguan ginjal
  • Penggumapaln darah
  • Adanya infeksi virus dan bakteri lainnya

Setelah mengetahui gejala COVID-19, ada baiknya sejak sekarang kita mencegah agar tidak tertular. Artikel berikut ini akan membahasnya:
Mencegah Virus Corona

Pencarian populer: