Mencegah Virus Corona atau COVID-19

Cegah corona menyebar di sekitar kita
Cegah corona menyebar di sekitar kita

Setelah mengetahui gejala corona pada artikel sebelumnya, tentu kita ingin terhindar dari penyakit COVID-19 yang disebabkan virus corona SARS-CoV-2. Sebenarnya setiap orang perlu mendisiplin diri untuk mengikuti aturan yang dikeluarkan baik oleh pemerintah baik pusat dan daerah maupun berbagai lembaga kesehatan.

Artikel berikut membahas mengenai gejala ringan dan berat dari penyakit COVID-19:
Apa Gejala Corona atau COVID-19?

 

Berdamai dengan Corona

Berdamai dengan CoronaVaksin dan obat spesifik untuk virus corona memang masih belum tersedia. Dan bisa jadi baru tersedia beberapa tahun mendatang. Karena itu sesuai anjuran pemerintah, kita akan hidup berdamai dengan virus corona ini. Apa maksudnya?

Artinya kita harus mengubah berbagai kebiasaan bertahun-tahun supaya bisa terhindar dari penularan penyakit COVID-19 atau virus corona ini. Dan kita harus menyesuaikan diri dengan berbagai protokol kesehatan yang berlaku secara ketat supaya mengurangi penyebaran penyakit ini.

Karena sampai ditemukannya vaksin dan obat untuk penyakit COVID-19, ini berarti kita harus hidup berdampingan dengan virus ini. Tapi tentu kita tidak ingin tertular oleh virus corona. Itu sebabnya berbagai tindakan pencegahan perlu dilakukan oleh setiap orang. Namun sebelumnya kita perlu tahu, bagaimana kita bisa tertular? Dan apa saja yang harus dilakukan setiap orang agar tidak tertular penyakit COVID-19 yang disebabkan virus corona ini?

 

Baca juga:
Apa Gejala Corona COVID-19?



 

Cara Penularan Corona

Jika Anda pernah berpergian ke zona merah di mana banyak penularan virus corona di sana, maka Anda berisiko terkena COVID-19. Untuk itu, sebaiknya hindari lokasi di mana terjadi banyak penularan virus corona, termasuk rumah sakit.

Berikut ini beberapa cara virus corona berpindah dari satu orang ke orang lainnya:

  • Berpergian dari tempat dengan banyak kasus positif

    Jika Anda berpergian dari tempat dengan kasus positif yang banyak, bisa jadi Anda membawa virus corona. Mungkin tidak dalam tubuh Anda, tapi bisa jadi di permukaan baju atau tas yang Anda gunakan. Itu sebabnya sering ada himbauan untuk tidak mudik atau berpergian ke luar kota, untuk mengurangi penyebaran virus corona.
  • Kontak dengan penderita COVID-19

    Jika Anda pernah kontak fisik seperti bersalaman, berpelukan, berciuman atau bahkan berbicara dalam jarak dekat dengan seseorang yang belakangan diketahui positif COVID-19, maka sebaiknya Anda mengkarantina diri selama setidaknya 14 hari. Jika tidak terjadi gejala corona dalam waktu 14 hari, maka kemungkinan besar Anda tidak tertular.
  • Terkena cipratan bersin atau batuk

    Jika Anda terkena cipratan bersin atau batuk dari orang di sekitar Anda khususnya area wajah seperti mata, hidung dan mulut, segera bersihkan diri Anda dan bisa jadi Anda tertular virus corona. Selama 14 hari, hindari kontak fisik dengan orang lain dan pastikan Anda tidak mengalami gejala corona selama jangka waktu tersebut.
  • Menyentuh benda yang sering disentuh orang lain dan tanpa sengaja memegang area wajah

    Jika di tempat umum, Anda memegang permukaan benda yang sering disentuh orang lain seperti gagang pintu, tombol lift, sakelar, dan lainnya kemudian tanpa sadar Anda menyentuh bagian wajah sebelum mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer, maka ini bisa menjadi media penularan corona. Anda juga perlu memastikan selama 14 hari berikutnya tidak timbul gejala seperti flu setelah kejadian itu.

 

 

Mengurangi Penularan Corona

Berikut ini beberapa langkah praktis yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi penyebaran virus corona dan mencegah Anda tertular COVID-19:

  • Hindari keramaian

    Anda tidak tahu siapa saja yang sedang terinfeksi bukan? Dan ada cukup banyak orang yang sudah terinfeksi virus corona namun tidak menunjukkan gejala apapun. Oleh karena itu, langkah terbaik adalah menghindari keramaian dan pertemuan yang dihadiri banyak orang. Karena kita tidak tahu siapa yang sedang sakit dan tidak di sana.
  • Jaga jarak sekitar 2 meter atau social distancing

    Social DistancingSaat bertemu atau berbicara dengan orang lain, cara terbaik adalah menjaga jarak fisik sekitar 2 meter. Mengapa harus 2 meter? Karena virus corona dalam bentuk cairan bisa menyebar dari orang yang sakit hingga jarak 2 meter. Dengan menjaga jarak 2 meter, maka risiko Anda tertular akan lebih kecil jika orang yang Anda ajak bicara sedang terinfeksi dan tidak menunjukkan gejala apapun.
  • Di rumah saja

    Isolasi Mandiri Corona COVID-19Ya salah satu langkah mencegah penularan virus corona atau COVID-19 adalah dengan tetap di rumah. Hindari berpergian jika tidak benar-benar penting. Khususnya jika Anda adalah orang-orang yang paling berisiko terkena COVID-19. Umumnya orang-orang yang berisiko adalah mereka yang sudah berusia lanjut dan juga yang memiliki berbagai penyakit bawaan seperti sakit jantung, diabetes, darah tinggi, pernah mengalami penyakit paru-paru, serta yang memiliki masalah kekebalan tubuh.
  • Sering mencuci tangan

    Rajin membersihkan makanBiasakan mulai mencuci tangan setiap Anda memegang benda apapun yang disentuh oleh banyak orang. Dan untuk memastikan virus corona telah mati di tangan Anda, pastikan Anda telah mencuci tangan minimal 20 detik dengan sabun atau pembersih tangan (hand sanitizer) berbahan dasar minimal 60% alkohol.
  • Gunakan masker

    Masker kesehatanGunakan masker jika Anda sedang berpergian ke luar rumah. Masker akan melindungi area wajah Anda untuk terkena virus corona. Minimal Anda bisa mengenakan masker non-medis saat berpergian dan pastikan selalu menggunakan masker yang bersih. Cara lain adalah menggunakan kaca mata atau pelindung wajah supaya tidak terkena cairan virus corona dari orang lain di sekitar Anda ketika Anda sedang keluar rumah.
  • Hindari menyentuh mata, hidung dan mulut

    Jangan menyentuh wajahLangkah ini bisa jadi sulit karena kita sering tidak sadar saat menyentuh bagian wajah seperti mata, hidung, dan mulut. Karena virus corona biasanya masuk ke dalam tubuh kita melalui mata, hidung dan mulut. Dan virus itu bisa berpindah dari tangan ke area wajah saat kita menyentuhnya. Hal ini khususnya saat kita berada di luar rumah, setelah kita menyentuh sesuatu, tanpa disadari kita bisa menyentuh bagian wajah tersebut. Penggunaan masker, kaca mata dan pelindung wajah bisa membantu kita agar tidak tanpa sengaja menyentuh bagian wajah tersebut.
  • Bersihkan berbagai permukaan yang disentuh banyak orang

    Bersihkan permukaanPenting untuk cukup sering membersihkan permukaan benda yang disentuh banyak orang. Contohnya gagang pintu, sakelar lampu, tombol lift, tombol bel, alat elektronik dan lainnya. Bersihkan dengan menggunakan cairan disinfektan untuk memastikan tidak ada virus di permukaan benda tersebut.
  • Jangan berbagi piring dan gelas

    Sebaiknya hindari makan dan minum dari piring dan gelas yang sama dengan orang lain sekalipun Anda tahu orang tersebut tidak terlihat sakit. Karena kita tidak tahu apakah orang tersebut benar-benar sehat atau adalah salah satu orang tanpa gejala.

Selain itu, jika Anda merasakan gejala corona, atau bahkan gejala flu biasa sekalipun, sebaiknya beberapa langkah berikut segera Anda lakukan:

  • Tetap berada di rumah dan hindari berpergian apalagi menggunakan transportasi umum seperti bus, taksi, KRL dan alat transportasi lain. Hal ini akan mengurangi penularan virus corona jika ternyata Anda sedang terinfeksi penyakit COVID-19.
  • Bahkan jika Anda sudah berada di rumah dan mulai merasakan gejala flu atau batuk, sebaiknya Anda menghindari berbagi tempat tidur dan barang-barang rumah tangga lainnya selama Anda kurang sehat.
  • Saat Anda bersin, tutupi mulut dan hidung Anda dengan siku atau tisu. Lalu buang tisu bekas sesegera mungkin dan tidak meletakkan di atas meja atau lantai.

Ya, kita masing-masing perlu memastikan gaya hidup kita dan mengubah kebiasaan kita agar terhindar dari penularan virus corona. Semoga kita semua tetap sehat!