FOMO adalah salah satu istilah terkenal saat berdagang aset kripto.
FOMO adalah salah satu istilah terkenal saat berdagang aset kripto.

Belakangan ini, banyak orang berlomba-lomba untuk investasi mata uang kripto atau cryptocurrency seperti Bitcoin (BTC), Etherium (ETH), bahkan mata uang DOGE. Hal ini karena mata uang kripto dianggap sebagai aset yang menguntungkan untuk diperdagangkan, baik dalam jangka panjang maupun jangka pendek. Meskipun volatilitas trading crypto sangat tinggi, cukup banyak orang masih terus mencoba untuk terjun di dunia crypto. Tentunya untuk bisa mendapat keuntungan maksimal. Namun, banyak istilah baru yang populer saat melakukan trading crypto. Coba kenali istilah-istilah ini, misalnya FOMO, FUD, HODL, atau istilah crypto terkini lainnya, supaya bisa lebih memahami perdagangan mata uang kripto ini dan siap untuk investasi kripto.

Berikut ini beberapa istilah crypto populer yang sering digunakan para trader atau investor kripto saat melakukan jual-beli cryptocurrency maupun menganalisa pergerakan mata uang kripto untuk membuat keputusan menjual atau membeli. Istilah-istilah ini berasal dari bahasa Inggris, namun populer di banyak negara termasuk di Indonesia.

 

HODL

Bagi mereka yang senang berjual-beli kripto, tidak asing dengan istilah HODL. Ini singkatan dari HODLING. Ini adalah bahasa gaul yang terkait cryptocurrency dari kesalahan eja HOLD atau berarti tahan. Beberapa orang membuat HODL sebagai akronim dari Hold on for dear life yang artinya "Tunggu untuk hidup lebih baik".

Secara singkat, istilah HODL akan disebutkan ketika kondisi pasar uang kripto sedang turun dan sedang memiliki aset mata uang tersebut. Maka karena berharap keadaan akan membaik dan nilai kripto akan kembali naik ke nilai yang lebih tinggi, mereka akan menggunakan istilah HODL untuk menyarankan tidak menjual cepat-cepat dan menunggu saat nilainya kembali naik.

Atau ada juga tipe investor yang sengaja membeli aset mata uang kripto (cryptocurrency) untuk jangka panjang karena memang ingin melakukan investasi kripto. Mereka akan menyebut diri mereka sebagai HODLER.

 

 

FOMO

Istilah FOMO juga salah satu yang populer dalan dunia perdagangan cryptocurrency. FOMO adalah akronim dari "Fear Of Missing Out" yang berarti "Takut Kehilangan". Ini adalah kondisi panik yang dialami trader atau investor pemula. Umumnya mereka yang baru terjun di dunia perdagangan crypto memliki emosi tidak stabil karena berharap keuntungan yang besar dalam waktu singkat.

Umumnya FOMO terjadi ketika seseorang melihat grafik perdagangan berwarna hijau dengan nilai persentase kenaikan yang tinggi. Kemudian orang tersebut segera membeli karena pengaruh pertumbuhan grafik yang kelihatan baik, atau karena saran trader lain yang lebih senior, maupun suatu komunitas kripto.

Karena dipengaruhi rasa takut kehilangan momentum dan peluang bagus, banyak orang segera membeli aset kripto dan bahkan mengorbankan aset lain. Dan sebagian besar perdagangan aset kripto saat ini memang dipengaruhi oleh FOMO. Bahkan mengabaikan nilai aset tersebut yang sudah terlalu tinggi yang bisa jatuh secara tiba-tiba karena sikap FOMO ini.

 

 

FUD

FUD adalah akronim dari "Fear, Uncertainty and Doubt" atau diterjemahkan ke Bahasa Indonesia menjadi "Ketakutan, Ketidakpastian dan Keraguan". Penyebab FUD misalnya ada berita negatif tentang pasar uang kripto yang dikeluarkan oleh seorang tokoh terkenal maupun kebijakan suatu negara. Sehingga ini memengaruhi persepsi tentang cryptocurrency.

Umumnya FUD berupa informasi negatif, bahkan banyak yang menyesatkan dan palsu. Tapi FUD bisa berpengaruh terhadap mata uang kripto dan bisa menyebabkan menurunnya aset secara tiba-tiba.

Oleh karena itu, para trader crypto selalu menyimak berita terkini yang berkaitan dengan mata uang kripto. Misalnya tiba-tiba ada pengumuman suatu negara yang membatasi aktivitas perdagangan mata uang kripto, maka para trader ini langsung melakukan aksi jual untuk mengurangi kerugian.

Dengan menyebar FUD, pihak tertentu bisa mengambil keuntungan. Itu ketika fundamental sebuah mata uang kripto sangat baik, dengan dibumbui FUD, nilainya akan merosot. Ini yang membuat pihak tertentu mengambil keuntungan dengan membeli aset kripto dengan harga yang lebih murah. Dan bisa menjual segera saat nilai aset kembali naik.

 

To The Moon

Istilah "To The Moon" (atau diterjemahkan menjadi "Menuju Bulan") juga populer dalam perdagangan kripto. Ini berlaku untuk aset kripto tertentu yang nilainya terus bertambah naik baik dalam nilai aset maupun volume perdagangan. Biasanya saat nilai koin tertentu melesat naik, orang-orang akan mengucapkan "To The Moon" untuk aset kripto tersebut.

 

Altcoin

"Altcoin" (atau diterjemahkan menjadi "Koin Alternatif") merujuk kepada koin atau aset mata uang kripto (cryptocurrency) yang bukan Bitcoin atau BTC. Hal ini karena Bitcoin adalah indeks utama pasar mata uang kripto.

Umumnya jika nilai Bitcoin naik, maka aset koin kripto lainnya juga ikut naik. Demikian juga sebaliknya, jika nilai Bitcoin turun, maka nilai crypto lainnya juga ikut turun. Namun ini bisa berubah, mengingat saat ini dominasi Bitcoin atau BTC dalam perdagangan juga mulai berkurang. Hal ini bisa dilihat dari nilai BTC.D atau Bitcoin Dominance Index.

 

Koin Micin

Istilah ini populer di Indonesia. Berbeda dengan Altcoin yang adalah semua mata uang selain Bitcoin, maka koin micin aset yang fundamentalnya tidak bagus, bahkan valuasi pasarnya jelek. Tapi sewaktu-waktu koin ini memiliki nilai yang bisa tiba-tiba naik atau turun. Perdagangan koin jenis ini yang digunakan pada trader berpengalaman untuk menambah keutungan dalam waktu singkat.

Di luar negeri dalam bahasa Inggris, koin micin dikenal dengan sebutan shitcoin.

 

Pump

"Pump" adalah istilah ketika seseorang tokoh terkenal, sekelompok trader berpengalaman, maupun bandar melakukan aksi beli cukup besar atau bahkan sekadar memengaruhi sentimen pasar yang menggerakan orang-orang membeli aset koin tertentu secara besar-besaran. Sehingga karena pengaruh tersebut membuat nilai koin kripto bertambah secara signifikan. Bahkan jika koin tersebut hanyalah koin micin, pengaruh pump bisa membuat nilai koin itu bertambah sangat tinggi dalam waktu singkat.

 

Dump

"Dump" adalah istilah kebalikan dari "Pump". Dump bisa dikatakan juga sebagai kejatuhan harga. Ini terjadi seseorang tokoh terkenal, sekelompok trader berpengalaman, maupun bandar melakukan aksi jual cukup besar atau bahkan sekadar memengaruhi sentimen pasar yang menggerakan orang-orang menjual aset koin tertentu secara besar-besaran. Sehingga karena pengaruh tersebut membuat nilai koin kripto berkurang secara signifikan.

Kondisi ini umumnya terjadi setelah aksi Pump dan ketika nilai koin sudah mencapai nilai tertinggi, akan diikuti penurunan tiba-tiba yang disebut Dump atau harganya jatuh. Penyebab lain karena adanya FUD yang membuat nilai aset kripto menjadi jatuh secara tiba-tiba.

 

Whale

"Whale" atau Ikan Paus adalah istilah untuk para trader yang memiliki aset kripto sangat besar. Biasanya mereka adalah orang-orang kaya raya yang memiliki modal yang sangat kuat.

Mereka inilah yang bisa menggerakan pasar sesuai keinginan mereka. Jika mereka menjual asetnya dalam cukup banyak, maka aset tersebut bisa mengalami dump. Dan sebaliknya, jika mereka menggunakan modal mereka untuk membeli aset kripto dalam jumlah besar, maka pasar bisa dalam posisi pump.

 

Rally

Rally (atau "Reli") adalah istilah untuk perubahan harga yang signifikan dalam periode waktu tertentu yang tidak sebentar. Rally disebabkan oleh peningkatan permintaan yang signifikan akibat masuknya modal investasi ke pasar dalam jumlah besar. Lamanya durasi Rally tergantung pada besarnya jumlah pembeli bersama dengan jumlah tekanan jual yang mereka hadapi.

 

ROI

ROI adalah akronim dari Return on Investment atau dikenal dengan istilah balik modal. Bagi pedagang kripto, sangat penting agar modal yang mereka keluarkan atau modal mereka yang hilang bisa segera kembali. Saat modal itu kembali, maka mereka sudah mendapatkan ROI dari investasi kripto.

 

Cuan

Cuan juga menjadi istilah yang populer saat orang melakukan trading atau melakukan investasi. Kata "cuan" berasal dari bahasa Mandarin. Arti kata cuan adalah untung. Jadi istilah ini biasanya digunakan jika setelah melakukan jual-beli kripto lalu mendapat keuntungan, maka biasanya trader akan menyebut "sedang mendapat cuan".

 

Berdagang di dunia perdagangan cryptocurrency memang perlu kesabaran dan analisa yang baik. Khususnya selalu mengikuti faktor-faktor yang memengaruhi nilai suatu aset koin kripto, seperti FUD, posisi dump dan pump, serta menghindari bermain kripto karena FOMO.

Semoga dengan memahami istilah-istilah dunia kripto ini, Anda lebih siap mendapatkan keuntungan dan bisa mencapai istilah Salam To The Moon!

Pencarian artikel ini: istilah crypto.