Bagikan di:
     

5 Tips Merawat Kelinci

Merawat kelinci dengan baik akan membuat kelinci menjadi lucu dan menyenangkan.
Merawat kelinci dengan baik akan membuat kelinci menjadi lucu dan menyenangkan.

Kelinci adalah salah satu binatang peliharaan favorit. Ini karena bentuk kelinci yang lucu dan menggemaskan. Selain itu, memelihara dan merawat kelinci juga mudah. Berikut ini 5 tips merawat kelinci supaya tetap sehat dan riang.

 

Kelinci akan cepat mati jika kita tidak mengetahui cara merawat kelinci yang benar. Ada 5 hal penting yang harus kita ingat saat memelihara kelinci. Ayo ketahui kelima hal tersebut!

 

Tips 1

Kenyamanan kandang

Cara menyiapkan kandang yang nyaman untuk kelinci adalah dengan memberikan kelinci kandang yang tidak terlalu sempit, setidaknya kelinci dapat bergerak. Kita juga dapat membuat kelinci merasa nyaman saat tidur di kandangnya dengan menambahkan tumpukan rumput kering atau serbuk kayu yang halus di kandang kelinci.

Selain itu, kita dapat menambahkan wadah penampungan kotoran. Umumnya kelinci akan membuang kotoran, khususnya kencingnya di tempat yang sama. Jangan lupa menyediakan tempat makan dan tempat minum di area kandang yang mudah dijangkau kelinci.

Kelinci adalah binatang yang mudah terganggu oleh suara bising. Jadi jika kelinci berada di dekat binatang lain yang mengeluarkan suara berisik, misalnya gonggongan anjing, kelinci bisa menjadi mudah stres bahkan cepat mati.

 

Tips 2

Kebersihan kandang

Cara menjaga kebersihan kandang kelinci adalah dengan mencuci wadah penampungan kotoran dan tempat minum setiap hari. Lalu kita juga harus membuang tumpukan rumput kering atau serbuk kayu tersebut setiap seminggu sekali, dan menggantikannya dengann yang baru. Setidaknya kita bisa menyiapkan 2 wadah penampungan kotoran dan tempat minum agar kelinci dapat minum ataupun buang air saat wadah yang lain dibersihkan.

 

Tips 3

Makanan kelinci

Kita harus mengetahui makanan yang bagus untuk dicerna kelinci dan makanan yang kelinci tidak boleh makan. Beberapa contoh makanan yang tidak boleh kelinci makan adalah cokelat dan biskuit. Kita juga harus mengetahui berbagai makanan yang bagus untuk dicerna kelinci, beberapa contohnya adalah wortel, brokoli dan jagung. Tapi wortel memiliki kandungan gula yang tinggi sehingga kurang baik untuk kelinci.

Kelinci yang masih berusia muda, biasanya tidak bisa memakan sayuran atau buah. Makanan yang cocok adalah sayur atau buah yang sudah dikeringkan atau makanan kelinci yang sudah dikemas. Karena umumnya kelinci yang masih muda akan mengalami gangguan pada pencernaannya jika makan terlalu banyak sayuran dan buahan.

 

Tips 4

Pertemanan

Di habitat aslinya, kelinci hidup dalam berkelompok. Maka jika kita hanya memelihara satu ekor kelinci, kemungkinan kelinci kurang bahagia. Saat kelinci merasa kesepian itu bisa mengakibatkan kematian.

Kita tidak harus memelihara sekelompok kelinci, setidaknya kita hanya perlu memberinya pasangan. Jika kita hanya memelihara satu ekor kelinci, kita bisa menemaninya tapi kelinci tersebut akan merasa kesepian saat kita tidur di malam hari atau saat kita berkerja.

 

Tips 5

Waktu bermain kelinci

Kelinci juga membutuhkan waktu bermain agar tidak mengakibatkan stres. Kelinci membutuhkan setidaknya 6-8 jam waktu bermain di luar kandang. Jika kita tidak dapat mengawasinya kita bisa membiarkan kelinci kita bermain seharian tetapi dengan lingkungan yang terawasi agar kelinci kita tidak kabur ataupun hilang.

Agar kelinci kita merasa lebih bahagia kita dapan memberikan kelinci peliharaan kita mainan, seperti bola ataupun boneka untuk mereka bermain. Kalau tidak ada kita dapat memberikan kardus bekas untuk mereka kerat.

 

Ya, dengan perawatan yang tepat, kelinci peliharaan kita akan berkembang menjadi binatang yang lucu dan teman bermain yang menyenangkan.

 

Pencarian artikel ini: merawat kelinci.