Kumpulan InfoRumahTips RumahNge-Gym di Rumah
Nge-Gym di Rumah
Dumbel atau barbel merupakan salah satu alat olahraga yang paling populer yang dapat digunakan sendiri di rumah.

Kumpulan.info - Ingin menurunkan berat badan, membentuk tubuh, menjaga kesehatan dengan berolahraga tetapi malas ke gym? Membuat ruangan di rumah dengan beberapa peralatan gym dapat menjadi solusi. Jika Anda berencana membuat ruang gym di rumah, ada beberapa hal yang harus diperhatikan mulai dari menentukan ruangan, menentukan anggaran dan memilih alat olahraga yang akan dibeli. Dengan tekad yang kuat dan peralatan yang mendukung, nge-gym di rumah tidak kalah hasilnya dengan nge-gym di pusat kebugaran.

Keuntungan dari membuat ruang olahraga atau exercise room di rumah adalah akan menghemat waktu apabila rumah atau kantor jauh dari pusat kebugaran. Keuntungan lainnya, Anda dapat menghemat biaya dengan tidak perlu membayar iuran bulanan maupun tahunan, serta tidak perlu mengeluarkan biaya transportasi menuju tempat kebugaran.

Tetapi, melakukan gym di rumah tidak mudah karena diperlukan disiplin yang tinggi. Tanpa memiliki tujuan yang jelas, sebagian besar orang akhirnya akan mulai bermalas-malasan untuk berolahraga bahkan tidak berolahraga lagi dengan dalih berbagai alasan. Kelemahan berolahraga di rumah adalah tidak adanya teman atau suasana yang tidak membuat Anda bersemangat. Untuk itu, perlu disiplin dan tekad yang besar jika Anda sudah memutuskan untuk melakukan gym di rumah agar alat-alat kebugaran yang sudah Anda beli tidak hanya menjadi pajangan.

Berikut ini yang perlu diperhatikan apabila ingin membuat pusat olahraga di dalam rumah.

 

Anggaran

Besarnya biaya yang diperlukan untuk membuat home gym bergantung pada tujuannya karena akan menentukan jenis peralatan yang akan dibeli. Misalnya, jika Anda bertujuan membuat ruangan untuk berlatih pilates, peralatan yang dibeli akan lebih sedikit dibanding apabila tujuannya untuk membentuk tubuh. Besar kecilnya anggaran juga bergantung apakah Anda akan membeli peralatan baru atau bekas.

 

Ruangan

Tentukan ruangan yang akan dijadikan exercise room. Anda bisa menggunakan salah satu ruangan yang paling cocok di rumah Anda. Ruangan sebaiknya berukuran minimal 3 meter x 3 meter dan memiliki ventilasi yang baik agar tercipta ruangan yang sehat. Lantai ruangan sebaiknya dilapisi karet agar mampu menahan beban alat-alat olahraga serta barbel yang berat.

 

Perlengkapan

Perlu dipikirkan perlengkapan yang akan ditempatkan dalam exercise room. Beberapa peralatan yang dapat dipertimbangkan untuk mengisi ruang olahraga Anda antara lain AC untuk kenyamanan, cermin untuk melihat benar tidaknya posisi tubuh saat berlatih, peralatan audio untuk mendengarkan musik, televisi dan VCD/DVD yang berfungsi untuk memutar video-video latihan sesuai olahraga yang dilakukan. Video ini sangat berguna karena Anda tidak menggunakan personal trainer (PT) saat berlatih.

 

Peralatan

Beberapa peralatan olahraga yang sebaiknya ada di ruangan olahraga Anda antara lain:

  • Dumbel atau barbel sebagai beban latihan.
  • Exercise mat, agar latihan terasa lebih nyaman khusnya pada saat melakukan push-up atau sit-up.
  • Treadmill, untuk latihan jogging dan lari.
  • Sepeda Statsis.
  • Gym station, yaitu alat yang memiliki beberapa variasi latihan fitness.
  • Training Resistance yaitu alat untuk menguatkan otot.

Ketika memutuskan untuk membeli alat-alat kebugaran, jangan lupa perhatikan cara memilih peralatan olahraga, mengingat harga alat olahraga tidak murah, pastikan Anda membeli dengan benar agar tidak menyesal di kemudian hari. Silahkan baca: Tips Beli Alat Olahraga

Setelah exercise room selesai dibuat, kini tinggal bagaimana Anda mendisiplin diri agar berhasil mewujudkan tujuan Anda.

Topik: Olahraga

Silahkan baca artikel berikut

Artikel lainnya tentang: Olahraga

Tulis komentar