Makanan

Kesehatan Makanan

Hitung Kalori yang Dibutuhkan Tubuh Anda

Kebutuhan kalori setiap orang berbeda. Dengan menghitung kebutuhan jumlah kalori yang tepat, akan menunjang diet Anda dan bisa menikmati hidup yang lebih sehat.

Salah satu cara menurunkan berat badan dengan tepat adalah dengan mengatur pola makan. Caranya, ketahui kebutuhan kalori Anda setiap hari. Dengan cara ini berat tubuh akan terjaga dengan lebih stabil sehingga Anda tidak akan mengalami lemas, pusing atau berat badan yang turun dengan cepat dan juga naik dengan cepat. Mari, hitung kebutuhan kalori Anda dan atur menu makan dengan benar.

Lihat artikel selengkapnya:
Hitung Kalori yang Dibutuhkan Tubuh Anda


Kesehatan Makanan

Trik Diet Sukses Tanpa Tersiksa

Diet ketat membuat beberapa orang tersiksa. Dengan trik dan tips yang tepat, diet bisa membuat sehat, menyenangkan dan berhasil.

Meskipun baik untuk kesehatan atau untuk kecantikan, program diet bisa sangat menyiksa. Anda harus menahan diri untuk menyantap berbagai makanan kesukaan yang lezat dan harus mengurangi porsi makanan sehingga perut kerap menjadi kelaparan. Dengan beberapa trik yang mudah, Anda dapat terhindar dari berbagai keadaan tersebut.

Lihat artikel selengkapnya:
Trik Diet Sukses Tanpa Tersiksa


Kesehatan Makanan

Manis dan Sehatnya Kayu Manis

Kayu manis atau cinnamon merupakan salah satu rempah-rempah yang bisa menambah kenikmatan minuman atau kue Anda, juga bisa bermanfaat untuk mengatasi keluhan pada kesehatan tubuh.

Aromanya yang harum dan rasanya yang khas membuat kayu manis biasa digunakan sebagai pelengkap pada kue atau pada minuman. Selain harum dan manis, kayu manis juga memiliki bermanfaat untuk mengatasi keluhan-keluhan kesehatan yang dirasakan oleh tubuh. Mari berkenalan dengan rempah-rempah manis ini.

Lihat artikel selengkapnya:
Manis dan Sehatnya Kayu Manis


Kesehatan Makanan

Makanan Mengandung Karbohidrat

Karbohidrat dibutuhkan tubuh untuk menghasilkan energi. Selain nasi, ternyata karbohidrat juga terdapat pada jagung, sagu, singkong, ubi, kentang, oat, dan pasta. Karbohidrat juga dibedakan menjadi karbohidrat sederhana dan karbohidrat kompleks. Karbohidrat yang tepat mengurangi risiko penyakit jantung, kanker, diabetes dan bisa membuat sehat.

Bagi sebagian besar penduduk Indonesia, nasi menjadi makanan pokok yang selalu disantap setiap harinya. Nasi dibutuhkan sebagai bahan karbohidrat yang membantu tubuh mendapatkan energi. Selain nasi, ada makanan lain yang juga mengandung karbohidrat yang juga menjadi makanan pokok sebagian penduduk Indonesia lainnya. Anda bisa mencoba alternatif karbohidrat ini sebagai pengganti nasi.

Lihat artikel selengkapnya:
Makanan Mengandung Karbohidrat


Kesehatan Makanan

Bersahabat dengan Lemak

Lemak tidak selalu buruk bagi tubuh. Ada lemak yang membuat sehat seperti MUFA, PUFA, dan SAFA yang terdapat dalam makanan yang mudah dijumpai. Apa manfaat lemak tak jenuh tersebut?

Lemak dianggap sebagai musuh kesehatan. Kolesterol, obesitas atau tekanan darah tinggi merupakan efek buruk dari lemak. Tetapi, memang tidak mudah menghindarkan diri dari lemak. Makanan yang berlemak cenderung lebih nikmat untuk disantap. Dalam makanan, ada beberapa jenis lemak yang terkandung. Mulai dari lemak yang baik sampai lemak yang merugikan.

Lihat artikel selengkapnya:
Bersahabat dengan Lemak


Kesehatan Makanan

Makanan Pencetus dan Pereda Stres

Makanan yang dimakan bisa menjadi pencetus stres seperti kopi dan makanan mengandung kafein. Sebaliknya ada juga makanan dan minuman yang bisa meredakan stres seperti buah alpukat, kiwi, pisah, teh dan air putih. Karena makanan dan minuman ini mempengaruhi hormon dalam tubuh.

Makanan yang masuk dalam tubuh tidak hanya berpengaruh untuk kesehatan fisik seseorang. Nutrisi pada makanan yang masuk dalam tubuh, ternyata dapat mempengaruhi psikologis seseorang. Jika Anda sering merasa stres, cobalah untuk memeriksa makanan apa yang Anda santap. Karena bisa jadi bukan masalah pekerjaan atau masalah di rumah yang membuat Anda stres, tetapi stres Anda disebabkan makanan yang dikonsumsi.

Lihat artikel selengkapnya:
Makanan Pencetus dan Pereda Stres


Kesehatan Makanan

Apakah Makanan Anda Cukup Aman?

Makanan bisa mengandung organisme berbahaya atau zat berbahaya lainnya. Seberapa aman makanan yang Anda makan setiap hari? Dengan pengolahan yang tepat, makanan bisa aman dan lezat disantap.

Setiap hari, kita menikmati makanan yang disajikan, baik di rumah maupun di restoran. Setiap tahun, bisa jadi kita telah makan lebih dari 1000 kali. Makanan merupakan bagian penting bagi kehidupan semua orang. Namun, apakah makanan yang kita santap sudah benar-benar aman? Bisa jadi makanan yang kita santap mengandung bahan berbahaya. Bagaimana cara memastikan bahwa makanan yang kita santap sudah benar-benar aman?

Lihat artikel selengkapnya:
Apakah Makanan Anda Cukup Aman?


Kuliner Makanan

Variasi Olahan Nasi

Nasi merupakan makanan pokok orang Indonesia. Beragam olahan nasi bisa dinikmati seperti nasi uduk, nasi bogana, nasi liwet, nasi langi, nasi ulam, krawu, dan nasi kapau. Apa keistimewan masing-masing olahan nasi tersebut?

Sebagian besar penduduk Indonesia memakan nasi sebagai makanan pokok. Beras dan nasi memang tidak telah menjadi bagian tersendiri dalam kehidupan sehari-hari. Jika belum memakan nasi, rasanya belum puas perut ini. Berbagai macam olahan nasi menjadi ciri khas dari daerah-daerah di Indonesia. Apa saja masakan olahan dari nasi yang ada di Indonesia?

Lihat artikel selengkapnya:
Variasi Olahan Nasi


Kesehatan Makanan

Kenali Logam dalam Tubuh Anda

Tubuh Anda membutuhkan berbagai zat logam seperti zat besi, mangan, seng, kromium, magnesium, dan tembaga. Apa saja manfaatnya? Dan di mana Anda bisa menemukan zat logam tersebut? Berapa kandungannya di dalam buah, sayur, daging, lauk yang Anda makan?

Untuk menjalankan fungsinya dengan baik, tubuh kita memerlukan gizi yang baik. Zat yang diperlukan tubuh tidak hanya berupa karbohidrat, protein, atau vitamin. Berbagai zat logam juga diperlukan agar tubuh bekerja dengan baik. Logam apa saja yang diperlukan tubuh? Apa fungsinya? Berapa banyak yang diperlukan tubuh?

Lihat artikel selengkapnya:
Kenali Logam dalam Tubuh Anda


Kesehatan Makanan

Awali Hari dengan Sarapan

Menu sarapan yang sehat dapat membuat tubuh sehat dan siap beraktifitas. Susu, buah, jus, dan lainnya bisa digunakan sebagai menu sarapan pagi tanpa takut kolesterol jika tepat.

Pagi hari yang sibuk adalah hal biasa yang dialami oleh para karyawan khususnya di daerah perkotaan. Lalu lintas yang macet membuat sedikit waktu adalah hal berharga agar tidak terlambat sampai di kantor. Akibatnya, karena tergesa-gesa, banyak orang yang pergi ke kantor tanpa sarapan. Ada beberapa alasan mengapa seseorang tidak memulai harinya dengan sarapan. Atau ada juga yang menganggap makan pagi atau sarapan kurang penting, bahkan merupakan salah satu cara untuk mengurangi berat badan dengan mengurangi masuknya makanan di pagi hari. Sebenarnya, apakah memang penting untuk mengawali hari dengan sarapan? Bagaimana menyiasati agar Anda dapat secara rutin melakukan sarapan? Apa menu sarapan yang sehat untuk tubuh?

Lihat artikel selengkapnya:
Awali Hari dengan Sarapan


Topik: Makanan


Topik Terkait:

Tips Makanan