Kumpulan InfoKulinerArtikel KulinerVariasi Olahan Nasi
Variasi Olahan Nasi
Berbagai olahan nasi khas nusantara tersedia dan lezat untuk dinimkati. Mana yang Anda suka?

Kumpulan.info - Sebagian besar penduduk Indonesia memakan nasi sebagai makanan pokok. Beras dan nasi memang tidak telah menjadi bagian tersendiri dalam kehidupan sehari-hari. Jika belum memakan nasi, rasanya belum puas perut ini. Berbagai macam olahan nasi menjadi ciri khas dari daerah-daerah di Indonesia. Apa saja masakan olahan dari nasi yang ada di Indonesia?


Nasi

Beras yang kemudian dimasak menjadi nasi mengandung karbohidrat dan setiap hari dinikmati sebagian besar dari kita. Dengan berbagai bumbu, lauk pelengkap, dan cara pengolahan, nasi menjadi makanan yang lezat. Anda mungkin pernah mendengar berbagai olahan nasi tetapi kurang mengerti apa yang dimaksud masakan tersebut. Berikut beberapa macam olahan nasi yang cukup tenar di Indonesia.

 

Nasi Uduk

Ini mungkin sering menjadi salah satu menu sarapan Anda. Nasi uduk memang mudah ditemui. Rasanya yang gurih membuat banyak orang menyukainya. Untuk membuat nasi uduk, beras dicampur dengan santan yang ditambahkan rempah-rempah seperti jahe, daun salam, daun serai dan biji pala. Taburan bawang merah goreng biasa ditaburi diatas nasi uduk sebelum disantap. Akan terasa lebih nikmat jika disantap bersama ayam goreng, empal, tahu tempe goreng, udang goreng dan lalapan mentimun dan daun kemangi.

 

Nasi Kuning

Sesuai namanya, nasi kuning berwarna kuning karena diberi kunyit sebagai pewarnanya. Mirip dengan nasi uduk. Biasa dijadikan tumpeng untuk perayaan. Pelengkapnya perkedel, telur, tempe kering, sambal goreng ati dan emping. Lalapan terdiri dari mentimun dan daun kemangi.

 

Nasi Kapau

Nasi kapau mungkin biasa Anda santap saat berada di restoran Padang. Kapau memang merupakan nama salah satu kampung di Bukit Tinggi, Padang, Sumatra Barat. Dalam penyajiannya, nasi ini dilengkapi dengan gulai nangka, kol, dan kacang panjang. Sedangkan lauknya adalah gulai ikan, gulai usus, dan sambal hijau yang rasanya pedas.

 

Nasi Bogana

Nasi bogana merupakan salah satu masakan khas Tegal. Nasi bogana terdiri dari nasi putih bercampur dengan sambal goreng ati ampela, ayam suwir opor kuning, opor telur, tumis kacang panjang, tempe tumis cabai hijau.

 

Nasi Liwet

Liwet merupakan salah satu teknik memasak nasi, yaitu dengan cara nasi dimasukkan dalam air mendidih. Dalam membuat nasi liwet, beras dimasukkan dalam air yang sudah dicampur dengan kaldu atau santan. Nasi liwet biasa disajikan bersama sambal goreng, opor ayam dan telur.

 

Nasi Langi

Campuran nasi langi yang berasal dari kota Cirebon ini adalah sambal goreng ati, tempe goreng kering, telur dadar yang diiris-iris dan ayam opor yang disuwir-suwir. Nasi ini terasa lezat karenga ditaburi dengan serundeng.

 

Nasi Ulam

Nasi ulam berasal dari kota Jakarta atau Betawi. Nasi ini biasa disajikan dengan bihun goreng, telur dadar, dan semur kentang.

 

Nasi Krawu

Biasanya nasi krawu disajikan dalam porsi yang kecil dan dibungkus dengan daun pisang. Seperti nasi langgi, nasi yang menjadi nasi khas dari daerah Gresik ini ditaburi dengan serundeng, bahkan serundeng yang disajikan bersama nasi ini terdiri dari 3 warna yaitu serundeng dengan warna putih, merah atau oranye dan warna coklat. Lauknya adalah daging sapi yang disuwir dan sambal terasi. Dilengkapi dengan kuah yang disajikan terpisah.

 

Berbagai bumbu dan variasi masakan membuat nasi yang merupakan makanan pokok dapat dinikmati dengan rasa yang berbeda. Tiap menu pasti memiliki kekhasan tersendiri dan layak untuk dicoba. Dan masih bayak lagi nasi olahan khas nusantara yang bisa Anda nikmati.

Topik: Makanan

Silahkan baca artikel berikut

Artikel lainnya tentang: Makanan

Tulis komentar