Kumpulan InfoKulinerWisata KulinerTahu Pong Hayam Wuruk Jakarta
Tahu Pong Hayam Wuruk Jakarta
Tahu pong merupakan tahu yang sebenarnya tanpa isi, tapi dengan bumbu yang lezat, bisa menambah nikmat memakan tahu.

Kumpulan.info - Tahu Pong dikenal juga dengan tahu kosong. Tahu Pong memang merupakan tahu yang pada bagian dalamnya ada bagian yang kosong sehingga cocok dengan namanya. Dengan bumbu pelengkap dan makanan pelengkap lainnya, Tahu Pong menjadi makanan khas yang layak dicoba. Di Jakarta, Anda dapat menikmati makanan khas Semarang ini di daerah Hayam Wuruk, daerah pusat kota yang mudah dicapai.


Tahu Pong Hayam Wuruk

Tempat makan Tahu Pong Hayam Wuruk menempati emperan toko, seperti layaknya makanan kaki lima, dengan 3 meja besar, jadi tempat makan ini baru buka pada sore hari, setelah toko tutup. Posisinya ada di Jl. Hayam Wuruk di depan halte busway (TransJakarta) Harmoni atau di seberang Carrefour Duta Merlin. Terdapat spanduk bertuliskan "Tahu Pong Semarang Ayam Kalasan". Spanduk ini menjadi penanda tempat makanan khas Semarang ini. Walau di lokasi yang sederhana, tetapi cukup banyak penggemar makanan ini. Ini terlihat dari pengunjung yang rela mengantri pada jam-jam makan.

Hidangan yang tersedia tidak terlalu banyak karena tempat ini memang menjual Tahu Pong yang khas. Anda dapat memilih Tahu Pong yang terdiri dari 2 jenis yaitu Tahu Pong dengan bagian dalam tahu kosong atau Tahu Emplek yaitu tahu yang bagian dalamnya padat, ada juga Gimbal Udang, Telur, Ayam kalasan, Bandeng Presto dan makanan ringan khas Semarang yaitu Lumpia Semarang. Bagi Anda yang pertama kali berkunjung atau Anda ingin mencicip semua hidangan yang tersedia, Anda dapat memilih menu-menu paket Tahu Pong Gimbal Telur atau Tahu Pong Emplek Gimbal Telur dengan harga Rp 13.000,-

Tahu Pong disajikan bersama saus encer berwarna coklat yang merupakan campuran dari gula merah, kecap manis, bawang putih dan petis udang. Anda juga dapat menambahkan sambal dan acar lobak putih yang tersedia di meja. Saus petis ini menjadi pelengkap yang sangat pas untuk dicocol dengan Tahu Pong. Saatnya mencicip Gimbal Udang atau Bakwan Udang. Dengan digoreng kering, Gimbal Udang terasa renyah. Dengan udang cukup banyak dan berukuran besar dibalut tepung membuat gorengan ini sangat nikmat. Menikmati Tahu Pong terasa lebih nikmat jika dimakan bersama nasi putih. Anda dapat memesan Nasi Putih dengan membayar Rp 3.000,-.

 

Ayam Kalasan

Ayam Kalasan akan menjadi menu yang wajib dicoba. Bumbunya sangat terasa dan meresap ke dalam dagingnya. Daging ayam terasa empuk dan lebih enak karena ayam yang diolah adalah ayam kampung sehingga lebih alami dan lebih sehat. Satu potong ayam kalasan dihargai Rp 18.000,-.

Pada bagian minuman, Anda dapat memesan aneka jus seperti jus sirsak atau jus jambu merah seharga Rp 5.000,-. Pilihan lain adalah Es The Manis, Es Jeruk atau soft drink. Di sebelah tahu pong terdapat gerobak yang menjual es campur. Bagi Anda yang ingin menikmati es campur atau es kelapa dapat memesannya.

Menikmati makanan di udara terbuka, merasakan hembusan angin malam, memandang ramainya kendaraan yang berlalu lalang dan menikmati makanan khas Semarang yang nikmat menjadi cara unik menikmati Tahu Pong di salah satu sudut kuliner malam Jakarta.

 

Tahu Pong Hayam Wuruk

Buka: Pukul 18.00 – 24.00
Alamat:
Jl. Hayam Wuruk
Jakarta
Telp: 0818740893, 08881817713
 

 

Peta Lokasi



Silahkan baca artikel berikut

Artikel lainnya tentang: Kuliner Malam

Tulis komentar