Pantjoran PIK
Pantjoran PIK

Pantjoran PIK adalah salah satu pusat kuliner yang sedang viral di Jakarta. Lokasinya berada di kawasan Pantai Indah Kapuk yang sedang berkembang saat ini. Di sini dapat dijumpai puluhan penjual makanan dan minuman bahkan makanan yang legendaris. Apa saja yang ditawarkan di Pantjoran Pantai Indah Kapuk?

Di kawasan Pantai Indah Kapuk yang terletak di Jakarta Utara, selain banyak pembangunan perumahan, gedung, hotel dan wisata, juga dibuat berbagai pusat wisata kuliner yang ikonik. Contohnya Pantjoran Pantai Indah Kapuk (atau Pancoran PIK). Lokasinya berada di salah satu pulau reklamasi di Pantai Indah Kapuk.

Berdirinya Pancoran PIK terinspirasi dari kawasan Petak 9 Pancoran Kota (Glodok), Jakarta Barat. Sehingga bentuk bangunan dan arsitektur di Pantjoran PIK membuat kita sedang berada di Chinatown atau pecinan. Khususnya kawaasan kota tua ala pecinan.

 

 

 

Arsitektur

Semua bangunan dan ornamen dirancang dengan arsitektur China kuno. Ini membuat lokasi ini menjadi viral karena bisa menyediakan berbagai spot foto yang instagramable. Misalnya di berbagai sudut terdapat banyak mural dan diorama yang indah. Mural dan diorama ini menggambarkan sejarah dan budaya yang ada di Pancoran Kota pada jaman dulu. Ada setidaknya 8 diorama yang merupakan hasil karya seniman bernama Gladys Teo-Simpson. Tentu ini bisa menjadi sarana pendidikan untuk belajar sejarah pecinan.

Setiap bangunan di Pantjoran PIK dibuat dengan arsitektur tradisional China atau Tiongkok. Ini bisa kita jumpai sejak masuk di pintu gerbang utama, yang adalah gerbang ala Tiongkok yang cukup besar dan terlihat dari jauh. Setelah memasuki kawasan Pantjoran PIK, kita langsung menjumpai jembatan, bangunan-bangunan dan tempat makan yang bergaya tradisional China.

Pada malam hari, suasana di sini lebih indah. Apalagi dengan lampu lampion warna-warni dan pencahayaan yang bagus, membuat kawasan Pantjoran PIK tetap indah baik pada siang maupun malam hari.

 

Lihat video: Pantjoran PIK

 

 

Kuliner di Pantjoran PIK

Tentunya yang terutama di Pantjoran PIK adalah banyak tempat makanan yang menjual berbagai aneka jajanan dan makanan yang enak. Beberapa kuliner yang cukup legendaris ada juga di Pantjoran Pantai Indah Kapuk, salah satunya yang sudah melegenda sejak tahun 1927 yaitu Kopi Es Tak Kie yang terkenal dengan racikan kopi tradisionalnya, maupun Wong Fu Kie yang sudah ada sejak 1925.

Selain itu, di sini pertama kalinya kita bisa menikmati Nasi Lemak Ponggol, salah satu yang terkenal dari Singapura. Lokasi lain yang juga favorit adalah Hollywings.

Selain makanan legendaris dan terkenal, jika kita ke bagian belakang dari Pantjoran PIK, kita akan menjumpai banyak kios kecil yang menawarkan berbagai kuliner yang enak. Misalnya Cakwe Medan Ancol yang terkenal. Atau juga kita bisa menikmati bakpao, siomay, dan berbagai kuliner tradisional lainnya.

Memang banyak juga makanan yang mengandung babi di Pantjoran PIK (non-halal), tapi ada juga yang menjual makanan yang halal di lokasi Pancoran PIK. Pastikan untuk membaca petunjuk di setiap tempat makan yang akan memberi informasi yang jelas mengenai makanan yang dijual di sini.

Kita juga bisa mengunjungi toko swalayan yang menjual berbagai makanan ringan yang ada sejak dulu. Misalnya permen, krupuk, dan berbagai cemilan yang dulu biasanya dijual di daerah Glodok atau Pasar Baru, bisa dibeli di toko ini.

 

Kegiatan di Pantjoran PIK

Selain menikmati berbagai kuliner yang unik dan enak, di Pancoran Pantai Indah Kapuk menjadi tempat favorit untuk berfoto. Ada berbagai spot foto yang bagus dan membawa kita ke jaman dulu.

Jika ingin membuat kenang-kenangan, kita bisa menyewa kostum tradisional Tiongkok untuk berfoto, dan hasil fotonya akan membawa kita seperti negeri Tiongkok ratusan tahun yang lalu.

Pada pagi hari khususnya saat akhir pekan, lokasi ini juga digemari untuk berkumpul untuk bersepeda bersama. Banyak yang bersepeda di kawasan ini termasuk ke Pantai Pasir Putih PIK yang juga saat ini sedang viral karena keindahan pasir putihnya.

Kawasan Pantjoran Pantai Indah Kapuk (PIK) bisa menjadi tujuan wisata kuliner yang menarik. Kita bisa menikamti berbagai sajian kuliner yang unik, berfoto, dan merasakan seperti kita sudah pergi ke negeri lain, padahal masih berada di dalam kota Jakarta.

 

Lokasi

Pantjoran Pantai Indah Kapuk (PIK)
Golf Island PIK
Pantai Indah Kapuk
Jakarta Utara
Indonesia