Bayi

Keluarga Bayi

9 Jawaban Seputar Makanan Pendamping ASI (MPASI)

MPASI atau Makanan Pendamping ASI mulai diberikan sejak bayi berusia 6 bulan dan penting karena ASI sudah tidak mencukupi kebutuhan bayi sehingga asupan gizi harus diperhatikan.

Makanan Pendamping ASI atau MPASI harus diberikan pada bayi mulai usia 6 bulan. Pemberian MPASI penting karena mulai usia 6 bulan, ASI saja sudah tidak mencukupi kebutuhan bayi karena mulai usia ini bayi sudah bertumbuh dan bergerak lebih aktif. Dibutuhkan tambahan zat gizi lainnya untuk mendukung perkembangan bayi.

Menyiapkan MPASI, terutama bagi ibu yang pertama kali mempunyai bayi mungkin memiliki banyak pertanyaan. Apa saja yang boleh dan tidak untuk bayi. Berikut 9 pertanyaan yang sering ditanyakan seputar MPASI dan jawabannya yang perlu Anda ketahui.

Sebelum bayi berusia 6 bulan, pastikan ibu memberikan ASI eksklusif, artikel berikut mengupas manfaatnya:
Beri ASI Eksklusif Meski Bekerja

Lihat artikel selengkapnya:
9 Jawaban Seputar Makanan Pendamping ASI (MPASI)


Keluarga Bayi

Cara Memandikan Bayi

Banyak orang tua yang masih baru memiliki bayi, masih takut memandikan bayi mungil mereka. Dengan alat dan persiapan yang tepat, maka cara memandikan bayi tidak sesulit yang dibayangkan.

Bagi ibu baru, memandikan bayi merupakan tantangan tersendiri. Kepala bayi yang belum tegak, tubuh bayi yang mungil, serta belum adanya pengalaman merupakan kendala-kendala yang biasa dihadapi. Jangan menyerah atau ragu, karena memandikan bayi merupakan salah satu cara menjaga kesehatan bayi. Prosedur yang benar dan apa saja yang diperlukan untuk memandikan bayi?

Lihat artikel selengkapnya:
Cara Memandikan Bayi


Kesehatan Bayi

Menghadapi Plasenta Previa

Plasenta previa bisa berbahaya bagi nyawa ibu karena saat melahirkan bisa terjadi perdarahan sehingga jika terjadi kasus plasenta previa pada kehamilan, maka proses kehamilan hingga persalinan harus sangat diperhatikan.

Plasenta Previa merupakan salah satu penyebab utama terjadinya pendarahan pada masa kehamilan atau saat persalinan. Pendarahan pada saat kehamilan dan persalinan merupakan salah satu hal darurat karena dapat membahayakan nyawa ibu. Maka, perlu penanganan khusus selama masa kehamilan dan persalinan pada kasus Plasenta Previa.

Lihat artikel selengkapnya:
Menghadapi Plasenta Previa


Keluarga Bayi

Arti Tangisan Bayi

Tangisan bayi ternyata berbeda-beda, hal ini karena penyebab bayi menangis juga berbeda-beda. Bayi menangis karena sakit akan berbeda dengan tangisan bayi karena lapar atau ingin digendong.

Menangis merupakan salah satu cara komunikasi bayi. Itulah sebabnya, bayi sering menangis. Bayi menangis karena disebabkan beberapa hal. Sebagai ibu atau orangtua baru, tentu Anda ingin membuat bayi Anda nyaman dan tidak menangis. Perhatikan penyebab tangisan bayi mungil Anda dan segera beri bantuan yang dibutuhkannya.

Lihat artikel selengkapnya:
Arti Tangisan Bayi


Kesehatan Bayi

Persalinan dengan Sesar atau Normal?

Persalinan bayi bisa secara bedah sesar atau dengan persalinan normal. Masing-masing cara persalinan memiliki keuntungan dan kelemahan. Berikut ini artikel yang menjelaskan bagaimana dan kapan sebaiknya persalinan sesar dan persalinan normal dilakukan.

Mau melahirkan secara sesar atau normal? Itu pertanyaan yang kerap ditanyakan pada ibu yang sedang mengandung. Untuk melahirkan bayi memang ada dua cara yang dikenal dengan sesar atau normal. Apa maksud, kelebihan dan kekurangannya baik dengan bedah caesar maupun persalinan normal?

Lihat artikel selengkapnya:
Persalinan dengan Sesar atau Normal?


Kesehatan Bayi

Manfaat Imunisasi Bayi dan Anak

Salah satu cara menjaga bayi tetap sehat dan terhindar dari penyakit dengan vaksinasi atau imunisasi wajib seperti Hepatitis B, BCG, Polio, DPT, dan Campak. Selain itu ada juga beberapa vaksinasi tambahan seperti PCV, Hib, Rota, MMR, Varicella, Influenza yang berguna untuk kesehatan bayi.

Sejak awal kelahiran bayi diwajibkan agar diberi imunisasi. Walau kadang disertai demam, pemberian imunisasi tetap harus diberikan untuk mencegah dari penyakit-penyakit yang membahayakan. Apa saja imunisaasi yang akan diberikan untuk seorang bayi? Kapan waktu yang tepat untuk imunisasi tersebut? Dan apa saja manfaat imunisasi?

Lihat artikel selengkapnya:
Manfaat Imunisasi Bayi dan Anak


Kesehatan Bayi

Mastitis, Sakit Payudara saat Menyusui

Mastitis merupakan peradangan pada payudara pada saat menyusui atau laktasi. Problem payudara saat menyusui bayi ini cukup mengganggu banyak ibu. Cegah mastitis atau sakit payudara dengan pengetahuan mengenai cara menyusui yang tepat.

Tidak sedikit ibu baru yang tidak mau menyusui bayinya karena merasa sakit pada payudara. Payudara menjadi merah, bengkak dan dapat menyebabkan ibu mengalami demam dan menggigil. Keadaan seperti ini disebut dengan mastitis. Apa saja penyebabnya? Bagaimana pencegahannya? Mengingat hal ini penting agar bayi yang baru lahir dapat menikmati ASI.

Lihat artikel selengkapnya:
Mastitis, Sakit Payudara saat Menyusui


Rumah Bayi

Desain Kamar Bayi

Kamar bayi di dalam rumah harus didesain dengan memerhatikan lokasi, pencahayaan, sirkulasi, warna serta aksesoris untuk kamar bayi.

Bayi yang tidur di kamar terpisah akan memiliki lebih memiliki sifat mandiri karena bayi biasa tidur tanpa ada yang menemani. Apabila bayi memiliki kamar sendiri, kebersihan barang-barang keperluan bayi akan lebih terjamin karena tidak bercampur dengan barang-barang lainnya. Fungsi lainnya adalah kamar bayi dapat menjadi area bermain, mengganti popok, makan dan menyimpan berbagai keperluan bayi.

Lihat artikel selengkapnya:
Desain Kamar Bayi


Kesehatan Bayi

Berbahayakah Kuning pada Bayi?

Penyakit kuning pada bayi terjadi pada banyak bayi yang baru lahir. Bayi kuning atau ikterus perlu mendapat perhatian agar tidak menimbulkan efek yang berbahaya. Salah satunya dengan ASI dan menjemur bayi di bawah sinar matahari.

Melihat kulit atau mata bayi Anda berwarna kuning, wajar jika Anda merasa panik dan takut. Kasus terjadinya kuning pada bayi yang baru lahir cukup banyak. Sekitar 60% terjadi pada bayi yang lahir dengan usia kandungan yang cukup dan 80% pada bayi yang lahir kurang bulan. Bayi kuning yang biasa disebut ikterus ini sebenarnya tidak selalu membahayakan. Walaupun begitu, perlu penanganan yang tepat karena jika terjadi terus-menerus dapat menyebabkan kerusakan otak!

Lihat artikel selengkapnya:
Berbahayakah Kuning pada Bayi?


Keluarga Bayi

Keunikan Rupa Bayi

Saat bayi baru lahir hingga balita, rupa dan bentuknya banyak mengalami perubahan, dari kepala, kaki, adanya rambut halus hingga tali pusat. Perkembangan rupa bayi tersebut normal bagi semua bayi dan menarik untuk diamati.

Setelah 9 bulan mengandung, kini Anda sudah dapat melihat rupa bayi yang selama ini hanya bisa Anda rasakan. Saat melihatnya, Anda mungkin merasa cemas pada rupa bayi yang berbeda dengan orang dewasa. Saat berada di dalam rahim dan selama proses persalinannya, bayi mengalami berbagai keadaan yang mempengaruhi rupanya. Cermati rupa si bayi dan ada beberapa hal berbeda yang tidak perlu dikuatirkan pada wujud bayi yang baru lahir.

Lihat artikel selengkapnya:
Keunikan Rupa Bayi


Topik: Bayi