Kumpulan InfoWisataObyek WisataMandi Air Panas di Ciater
  • Mandi air panas alami di Sari Ater

    Mandi air panas alami di Sari Ater

  • Curug Jodoh Ciater

    Curug Jodoh Ciater

  • Alam yang sejuk di Ciater

    Alam yang sejuk di Ciater

Kumpulan.info - Ciater sudah terkenal sejak lama sebagai tempat pemandian air panas alami. Terletak dekat dengan kota Bandung, tepatnya di dataran tinggi Kabupaten Subang, Jawa Barat. Terletak tidak jauh dari Tangkuban Perahu, lokasi wisata yang disebut Sari Ater ini menyediakan berbagai fasilitas menarik ini layak untuk dikunjungi bersama keluarga.


Pemandian Air Panas

Di Ciater terdapat obyek wisata pemandian air panas "Sari Ater" yang memiliki beberapa kolam untuk mandi air panas. Berikut ini beberapa lokasi utama di pemandian air panas Sari Ater di Ciater.

  • Kolam Mayang Sari

    Untuk menikmati berendam air panas alami di kolam ini, Anda harus membayar lagi tiket masuk per orang di luar tiket masuk gerbang utama Sari Ater. Tiket untuk kolam ini paling mahal dibanding kolam lainnya, karena di sini Anda akan menikmati air panas dengan temperatur 42,5 derajat Celcius dan kecepatan pengeluaran air panas mencapai 140 liter per detik. Sedangkan kadar keasaman air cukup tinggi yaitu mencapai pH 2,45. Air panas di kolam ini memiliki kandungan kalsium, magnesium, chloride, sulfur, thermomineral dan kandungan alumunium tinggi.

    Kandungan dalam air panas di Ciater dianggap yang paling baik dibanding beberapa pemandian air panas lainnya. Dan inilah yang diyakini bisa membuat tubuh lebih sehat dan segar setelah berendam di kolam air panas.
  • Kolam Pulosari

    Anda juga harus membayar tiket masuk untuk berendam di kolam ini. Di kolam ini ada fasilitas untuk meluncur, sehingga anak-anak juga menyukai berendam di kolam ini.
  • Kolam Wangsadipa

    Sama seperti kolam sebelumnya, kolam ini juga berbayar.
  • Kolam Leuwi Sari

    Kolam ini juga berbayar. Bentuknya kolam ini lebih menarik karena bertingkat.
  • Kamar Rendam

    Jika Anda ingin lebih mengutamakan privasi, Anda bisa berendam air panas alami di kamar rendam yang disediakan. Tiket kamar rendam lebih mahal dibanding Anda berendam di kolam pemandian air panas.
  • Curug Jodoh

    Jika Anda tidak mau mengeluarkan biaya lagi untuk berendam di kolam berbayar yang disediakan, Anda bisa berendam air panas alami di salah satu aliran air panas yang mengalir di obyek wisata Ciater ini. Salah satu lokasi favorit adalah Curug Jodoh. Di sini ada air terjun air panas, sehingga Anda bisa merasakan pijatan ringan dari air mancur dan air terjun yang hangat di lokasi ini.

 

Manfaat Air Panas Alami

Berendam di air panas alami di Ciater diyakini bermanfaat untuk kesehatan. Beberapa manfaatnya antara lain dapat membantu mengobati:

  • Sakit rematik
  • Gangguan anggota gerak
  • Gangguan kandungan
  • Gangguan sistem syaraf
  • Cidera otot
  • Penyakit kulit

Namun saat berendam, ikuti aturan yang tertulis atau yang diumumkan oleh pengawas. Karena hal ini demi keselamatan Anda. Beberapa orang yang memiliki penyakit tertentu seperti darah tinggi sebaiknya lebih berhati-hati berendam di kolam ini dan bertanya lebih dulu ke pengawas di kolam rendam.

 

Fasilitas di Sari Ater

Selain pemandian air panas, di obyek wisata air panas Sari Ater juga terdapat berbagai fasilitas wisata lainnya. Beberapa di antaranya yaitu:

  • Fish Teraphy

    Di sini Anda bisa merendam kaki Anda di kolam yang terdapat ikan kecil. Terapi ini diyakini membersihkan kulit Anda dan membuat tubuh lebih sehat.
  • Wahana Permainan

    Anda juga bisa menjumpai berbagai wahana permainan di lokasi wisata ini. Misalnya permainan anak seperti kereta api mini, trampolin, sepeda air, bola air, flying fox, dan juga permainan menarik lainnya. Bahkan Anda juga bisa menonton dalam bioskop 4 dimensi di Sari Ater.
  • Wahana Petualangan

    Anda juga bisa menikmati wahana petualangan seperti ATV, berkemah, memancing, wall climbing, bermain panahan, berkuda, kebun stroberi, dan paint ball. Selain itu terdapat fasilitas outbound yang cukup lengkap di Sari Ater.

Anda bisa membutuhkan waktu seharian untuk mengunjungi semua lokasi di obyek wisata Sari Ater karena luasnya obyek wisata ini dan juga banyaknya fasilitas permainan yang tersedia untuk dicoba. Beberapa fasilitas baru juga sedang dibangun di lokasi ini seperti water park yang jika jadi akan menjadi yang terbesar di Indonesia.

 

Sekitar Ciater

Sari Ater sendiri menawarkan penginapan dengan fasilitas yang lengkap di daerah Ciater. Namun Anda juga bisa memilih penginapan lainnya yang banyak tersedia di daerah Ciater dari hotel berbintang hingga vila yang disewakan.

Menghabiskan acara liburan Anda di daerah Ciater memang menyenangkan. Selain bisa menikmati manfaat kehangatan air panas alami di Sari Ater, Anda juga bisa menikmati kesejukan udara pegunungan di Ciater. Selain itu, Anda bisa menyaksikan keindahan perkebunan teh di daerah Ciater. Jangan lupa membeli oleh-oleh khas Subang yaitu buah nanas, karena di sekitar area wisata Ciater terdapat banyak penjual nanas.

Jika masih cukup waktu, Anda juga bisa mampir ke beberapa lokasi wisata di sekitar Ciater seperti Gunung Tangkuban Perahu yang terletak tidak jauh dari Ciater. Anda juga bisa mengunjungi banyak lokasi wisata dan kuliner di kota Lembang yang juga tidak jauh dari Ciater, seperti De Ranch.

 

Peta Lokasi



Silahkan baca artikel berikut

Artikel lainnya tentang: Wisata Bandung

Tulis komentar