Kumpulan InfoRumahTips RumahMembuat Ruang Kerja di Rumah
  • Ruang kerja di bawah tangga

    Ruang kerja bisa menggunakan area di bawah tangga sehingga tidak menghabiskan luas ruangan lainnya.
    Photo: ©houzz.com

  • Desain meja kerja

    Menata dan mendesain meja kerja yang nyaman akan meningkatkan mood bekerja.
    Photo: ©houzz.com

Kumpulan.info - Bekerja tanpa harus mengalami macet atau tidak perlu pergi pagi dan pulang malam adalah impian dari para pekerja. Hal ini bisa direalisasikan dengan membuat tempat bekerja di rumah. Hal pertama untuk mendukung Anda bekerja secara maksimal di rumah adalah dengan membuat desain ruang kerja secara tepat.

Hal yang harus diperhatikan ketika membuat ruangan kerja antara lain:

 

Letak Ruang Kerja

Anda mungkin biasa mengerjakan pekerjaan di tempat tidur, ruang keluarga atau bahkan ruang makan. Bekerja pada ruangan tersebut akan menyulitkan Anda untuk berkonsentrasi yang dapat mengakibatkan pekerjaan tidak selesai sempurna. Selain itu, hal itu dapat mengganggu anggota keluarga lain yang membutuhkan ruangan tersebut. Maka, sebaiknya dibuatkan ruangan khusus untuk bekerja.

Anda dapat memanfaatkan ruang kosong yang tidak terpakai atau kamar tidur yang belum digunakan. Ruangan yang dibutuhkan untuk bekerja tidak perlu terlalu besar, yang penting cukup untuk meletakkan meja dan kursi. Bahkan area di bawah tangga juga bisa cocok dijadikan ruang kerja yang cukup nyaman (lihat gambar ilustrasi di awal artikel). Jika ruangan cukup besar, Anda dapat menambahkan rak dan buku-buku serta berbagai hiasan yang sesuai dengan karakter Anda dan dapat membuat Anda merasa nyaman.

 

Sirkulasi

Ruangan kerja harus memiliki sirkulasi udara yang baik. Akan lebih baik jika ruangan memiliki bukaan dan ventilasi yang baik. Jika diperlukan, dapat dipasang penyejuk udara (AC). Pastikan kapasitas AC sesuai dengan ukuran ruangan. Sirkulasi udara penting agar ruangan menjadi nyaman untuk bekerja.

Selain sirkulasi udara, penting juga memperhatikan sirkulasi orang. Jika ada karyawan, pintu masuk ruang kerja sebaiknya berbeda dengan pintu masuk rumah. Ruangan kerja juga sebaiknya dapat diakses langsung dari teras rumah, tanpa perlu masuk dulu ke dalam rumah.

 

Peralatan Kerja

Peralatan kerja yang wajib ada adalah meja dan kursi. Namun, diperlukan juga beberapa penunjang kerja seperti komputer, telepon, buku-buku, rak buku, tempat penyimpanan filing dan dekorasi untuk mempercantik ruangan.

Ukuran peralatan kerja harus disesuaikan dengan ukuran ruangan. Jika ruangan tidak terlalu besar, sesuaikan dengan ukuran meja dan kursi yang akan dipakai. Untuk memaksimalkan fungsi peralatan ruang kerja, maka dapat menggunakan furniture yang didesain sendiri daripada membeli furniture yang sudah jadi. Cara lainnya adalah dengan menggunakan furniture multi fungsi, misalnnya menggunakan kursi tunggu yang dapat menjadi media penyimpanan.

Selain menyesuaikan dengan ukuran, pemilihan peralatan kerja harus memenuhi kenyamanan dan keselamatan penggunanya. Misalnya dengan memilih kuris kerja yang tidak terlalu keras, tidak terlalu empuk dan tidak menyebabkan sakit pinggang.

 

Peletakan Peralatan Kerja

Posisi untuk meletakkan peralatan kerja berpengaruh dalam menciptakan kenyamanan bekerja dan sirkulasi orang. Rencanakan di mana peralatan akan diletakkan agar tidak mengganggu aktivitas atau sirkulasi orang. Segi kenyamanan juga wajib diperhatikan. Misalnya, dengan tidak meletakkan komputer membelakangi jendela karena akan menyilaukan saat Anda melihat layar komputer. Posisi yang paling baik adalah komputer diletakkan di samping jendela.

 

Dengan mendesain ruangan kerja secara tepat, bekerja di rumah akan terasa nyaman tanpa harus mengganggu dan terganggu dengan anggota keluarga lainnya. Bahkan bekerja dari rumah bisa membuat hasil pekerjaan lebih baik karena Anda dapat bekerja dengan nyaman.

Topik: Interior

Silahkan baca artikel berikut

Artikel lainnya tentang: Interior

Tulis komentar