Otak

Kesehatan Otak

8 Kecerdasan Manusia Selain IQ

Kecerdasan manusia bukan hanya bergantung pada IQ tinggi saja, namun bisa juga dinilai dari kecerdasan linguistik, matematis, logika, interpersonal, intrapersonal, musikal, naturalis, kinetik, dan visual.

Predikat cerdas, biasanya diberikan kepada seseoramg yang memiliki IQ yang tinggi. Padahal, kecerdasan tidak selalu berarti demikian karena ada 8 macam kecerdasan yang bisa dimiliki seseoranmg dan tidak bisa diukur dengan IQ. Apa saja jenis kecerdasan yang terdapat pada manusia?

 

Lihat artikel selengkapnya:
8 Kecerdasan Manusia Selain IQ


Kesehatan Otak

Melatih Otak untuk Pertajam Ingatan

Otak merupakan organ tubuh yang berperan penting untuk mengingat sesuatu. Namun kebanyakan orang menjadi pelupa karena mengingat dengan otak kiri. Untuk lebih efektif, Anda bisa mencoba mengingat dengan otak kanan yaitu long term memory.

Apakah Anda sering lupa saat mencari suatu benda? Misalnya Anda sering lupa meletakkan di mana kunci Anda? Atau lupa hal penting yang harus dilakukan? Lupa password? Nilai ulangan anak Anda buruk karena kesulitan menghafal? Hal ini banyak dialami oleh kita. Akibatnya, semakin banyak waktu dan energi yang dibutuhkan untuk mencari barang, mendapat omelan dari orang lain, atau mendapat hasil yang buruk akibat sifat pelupa tersebut. Daya ingat otak memang akan semakin berkurang seiring bertambahnya usia. Semakin tua umur seseorang biasanya mereka akan semakin pelupa. Tetapi, ini dapat juga menimpa di usia muda. Masalah ini dapat dikurangi dengan cara melatih otak.

Lihat artikel selengkapnya:
Melatih Otak untuk Pertajam Ingatan


Topik: Otak