Kumpulan InfoWisataTips WisataKuliner Aman di Tempat Wisata
Kuliner Aman di Tempat Wisata
Saat ingin menikmati sajian khas saat berwisata kuliner, pastikan terlebih dulu bahwa makanan yang disantap telah cukup aman.

Kumpulan.info - Musim liburan biasanya dimanfaatkan oleh banyak keluarga untuk menikmati wisata bersama. Mengunjungi tempat-tempat baru merupakan salah satu cara menghilangkan kepenatan dan juga sebagai hadiah untuk si kecil. Berwisata tidak lepas dari makanan. Sambil menikmati pemandangan indah, Anda pun bisa menikmati wisata kuliner. Tetapi, jangan sampai perjalanan wisata tidak terganggu akibat salah memilih makanan. Tips kuliner berikut ini bisa bermanfaat untuk mempersiapkan liburan yang menyenangkan.


Tips Wisata Kuliner

Saat mengunjungi suatu daerah, jajanan atau makanan khas dari daerah tersebut menjadi salah satu hal yang wajib dicoba karena suatu makanan yang sulit ditemukan di daerah asal Anda. Tetapi, karena tidak mengetahui kondisi daerah tersebut, beberapa kendala yang dapat dialami adalah tidak tahu akan bersantap dimana yang sesuai dengan kantong Anda juga yang tidak akan membuat Anda dan keluarga menjadi sakit karena makanan yang kotor. Beberapa saran yang dapat Anda ingat saat akan berkuliner di tempat wisata adalah:

  • Mencari Referensi

    Melengkapi perjalanan wisata, Anda dapat melakukan pencarian lokasi atau pendapat orang lain tentang tempat makanan yang enak di tempat yang dituju. Pencarian melalui Internet, majalah, televisi, atau dengan bertanya kepada teman atau keluarga. Tempat makan yang direkomendasikan dapat menjadi acuan bersantap Anda.
  • Perhatikan Kebersihan

    Akibat memilih makanan yang kotor, Anda dapat mengalami sakit perut, mual, atau gangguan lain yang akan menghambat perjalanan wisata Anda. Untuk menghindari hal ini, pilihlah makanan yang bersih. Salah satu petunjuk bersih tidaknya suatu makanan adalah dilihat dari tempatnya, cara penyajian dan lingkungan sekitar. Jika mungkin, pilih tempat yang dapat dilihat proses pembuatannya. Jika ragu-ragu atas suatu tempat, Anda dapat memilih minuman kemasan sebagai pendamping makanan Anda. Kesehatan Anda jauh lebih penting saat berlibur.
  • Ramai Dikunjungi

    Tempat makan yang baik biasanya ditandai dengan banyaknya pengujung. Banyaknya yang mendatangi tempat makan tersebut karena rasa makanan yang enak, harga yang terjangkau atau karena pelayanannya yang memuaskan. Maka, jika perut sudah minta diisi sedangkan Anda masih bingung memilih tempat, memilih tempat makan yang ramai bisa menjadi petunjuk yang tepat.
  • Pilih Menu

    Memilih makanan yang akan disantap dari daftar menu mungkin akan membingungkan Anda. Selain tidak tahu apakah makanan tersebut cocok atau tidak dengan lidah, Anda bahkan belum pernah mengenal nama atau rupa dari makanan yang ada di daftar menu. Maka, jangan ragu untuk menyakan kepada pelayan, menu apa yang menjadi andalan atau favorit di restoran tersebut. Pada restoran yang berkelas, Anda dapat menemukan tanda recommended atau favorit pada daftar menu. Pilihan menu ini dapat dicoba agar tidak salah pilih.
  • Tanyakan Harga

    Segelintir pedagang makanan dapat memanfaatkan keadaan untuk menjerat wisatawan. Ada kalanya, suatu tempat makan tidak menyediakan daftar menu dan herga dari makanan yang dijual. Situasi inilah yang dapat dimanfaatkan pada pedagang dengan memberi harga yang mahal, berkali-kali lipat dari harga yang seharusnya pada saat pengunjung sudah selesai makan dan akan membayar. Ini dikenal dengan istilah "menggetok". Agar terhindar dari getokan pedagang makanan yang tidak bertanggung jawab, maka tanyalah terlebih dahulu harga makanan atau minuman yang ingin dipesan. Jika harga yang diberikan terlalu mahal, Anda dapat berpindah ke tempat lainnya sehingga Anda terhindar dari jebakan ini.

Dengan memilih tempat makan yang tepat, perjalanan wisata Anda akan membuat liburan menyenangkan. Selain mengisi tenaga untuk tubuh, Anda juga mendapat bonus wisata kuliner dari makanan yang Anda nikmati.

Simak juga tips berlibur pada artikel berikut:
ยป Membuat Persiapan Berlibur
Topik: Liburan

Silahkan baca artikel berikut

Artikel lainnya tentang: Liburan

Tulis komentar