Kumpulan InfoWisataObyek WisataMengenal Binatang di Museum Satwa
Mengenal Binatang di Museum Satwa
Museum satwa merupakan tempat berlibur yang mendidik karena bisa mengenalkan berbagai satwa dengan cara yang indah.

Kumpulan.info - Museum Satwa yang ada di Batu, Malang, Jawa Timur, merupakan salah satu museum dengan konsep menarik yang patut dikunjungi. Arsitektur bangunan, koleksi satwa, diorama alami serta suasana nyaman yang ada di dalamnya dapat menjadi sarana pendidikan untuk keluarga Anda atau juga untuk menambah pengetahuan Anda. Apa saja yang bisa Anda nikmati di Museum Satwa? Ayo kita berwisata sejenak di museum ini.


Museum Satwa

Kota Batu dengan udara yang sejuk kini banyak menghadirkan tempat wisata yang mengundang wisatawan. Salah satu tempat wisata yang sarat dengan pengetahuan yang dapat dikunjungi ketika Anda berada di kota Batu adalah Museum Satwa. Museum ini berada dekat dengan Batu Night Spectaculer (BNS) dimana Anda dapat menikmati berbagai mainan yang menghibur. Anda juga dapat menikmati pemandangan alam berupa pegunungan dengan suasana yang menyegarkan.

Struktur bangunan museum terlihat klasik. Pilar-pilar besar dan tinggi terlihat sangat memukau. Tidak heran jika tempat ini menjadi tempat favorit untuk berfoto. Pada kiri dan kanan bangunan terdapat patung gajah dengan ukuran besar. Sedangkan pada bagian depan, patung-patung lucu menjadi hal yang menarik untuk anak-anak. Ada pula lampu-lampu dengan bentuk rusa yang tampak indah saat malam hari.

 

Koleksi Museum Satwa

Sesuai namanya, koleksi yang dipamerkan di Museum Satwa adalah berbagai binatang baik yang ada di dalam negeri atau luar negeri dan koleksi satwa yang masih ada maupun satwa yang sudah punah. Satwa yang dipamerkan tentu bukan dalam kondisi hidup, melainkan satwa yang sudah diawetkan atau berupa patung rekonstruksi.

Satwa yang diawetkan dapat dinikmati dalam bentuk diorama. Di dalam tiap diorama terdapat satwa beserta habitatnya. Habitat disesuaikan dengan kondisi lingkungan hidup dari satwa tersebut. Macam-macam habitat yang dapat dilihat antara lain padang pasir, hutan, daerah salju, dan habitat lainnya. Diorama habitat dan satwa yang ada di dalamnya terlihat nyata, sehingga banyak pengunjung yang memanfaatkan kesempatan ini untuk mengenalkan berbagai jenis satwa kepada anak-anak mereka. Selain itu, diorama ini juga akan membuat pengunjung dapat menikmati pemandangan alam yang indah yang merupakan dari habitat satwa. Kita akan dibuat seolah-olah dibawa untuk melihat di alam aslinya.

Selain diorama hewan darat, ada pula diorama ikan. Berbagai macam ikan dari berbagai belahan dunia dan dalam tempat hidup yang berbeda-beda. Diorama ikan terlihat unik, karena diorama mampu menampilkan tempat hidup ikan yang berbeda-beda. Habitat ikan di sungai, danau, rawa, laut dangkal sampai habitat ikan laut dalam tersaji nyata. Anda seolah-olah sedang menyelam dan menikmati berbagai jenis ikan ini.

 

Insektarium

Anda juga dapat menikmati ribuan jenis serangga pada insektarium. Serangga-serangga ini tidak hanya dari dalam negeri, tetapi juga dari berbagai negara, bahkan dari benua Afrika yang kaya akan jenis satwa liar. Melihat jenis-jenis serangga dapat menambah pengetahuan Anda karena tidak semua serangga yang dipamerkan bisa kita temukan dalam kehidupan sehari-hari.

 

Pameran Fosil

Hal menarik lain yang ada di museum ini adalah pameran fosil. Aneka fosil yang dipamerkan mampu menjadi daya tarik tersendiri. Fosil-fosil direkonstruksi sehingga menyerupai struktur satwa sebenarnya. Susunan fosil yang berupa tulang-tulang ini membuat pengunjung bisa membayangkan bentuk satwa yang sudah punah. Misalnya, fosil dinosaurus yang mungkin biasanya hanya bisa Anda lihat di televisi, kini dapat dinikmati secara langsung. Anda dapat mengagumi betapa besarnya dinosaurus. Ada pula fosil-fosil dari binatang yang hidup di air.

Jika Anda berlibur di daerah Jawa Timur, khususnya ke daerah Malang, sempatkan diri Anda dan keluarga atau kerabat untuk mengunjungi Museum Satwa. Arsitektur museum yang indah, suasana alami dalam museum, berbagai diorama dengan binatang dari seluruh belahan dunia beserta habitatnya yang terlihat nyata, fosil satwa hewan-hewan yang sudah punah dan koleksi hewan yang lengkap menjadikan Museum Satwa di Batu, Malang, sebagai tempat wisata yang mendidik.

Silahkan baca artikel berikut

Artikel lainnya tentang: Wisata Jawa Timur

Tulis komentar