Kumpulan InfoKeuanganSolusi KeuanganTips Belanja saat Obral
Tips Belanja saat Obral
Saat obral atau sale banyak orang berbelanja. Bagaimana tips berbelanja saat banyak diskon?

Kumpulan.info - Sale atau obral, mungkin itu kata yang sangat menarik bagi orang yang suka berbelanja khususnya para wanita. Saat event tertentu, pusat perbelanjaan atau mal banyak menggelar diskon dan obral. Pada saat diskon, banyak orang menjadi kalap untuk berbelanja, karena berpikir mendapatkan harga yang murah dan kesempatan hanya sekali-sekali saja. Ini berarti dapat menghemat uang. Tetapi, benarkah Anda telah menjadi smart shopper dengan berbelanja saat sale atau obral?


Midnight Sale

Midnight Sale kini marak diadakan di berbagai mal. Mal yang buka sampai tengah malam dan memberi diskon pada hampir sebagian besar toko yang ada di mal tersebut. Mal yang pada malam hari biasanya sepi, kini penuh oleh pengunjung yang ingin berburu diskon. Ini dapat menjadi tantangan tersendiri bagi para peminat diskon. Program midnight sale biasanya diadakan secara rutin, misalnya pada akhir tahun.

 

Mengapa Menunggu Sale?

Berbelanja saat diskon memang dapat menguntungkan karena uang yang harus dikeluarkan lebih sedikit dan ini menjadi salah satu cara untuk menghemat. Misalnya, bila pada harga normal Anda harus mengeluarkan uang Rp 100.000,- tetapi karena diskon, Anda tidak perlu mengeluarkan uang sebanyak itu. Bila diskon 50% berarti Anda hanya perlu mengeluarkan Rp 50.000,- untuk barang seharga Rp 100.000,-. Idealnya, uang Rp 50.000,- bisa ditabung atau untuk keperluan lainnya.

 

Tips Belanja saat Diskon

Tetapi, agar tidak terjebak dengan kata "Sale" atau "Diskon", agar tidak menjadi kalap membeli semua barang, agar tagihan kartu kredit tidak membengkak, agar uang tabungan tidak terpakai, cobalah perhatikan beberapa hal berikut:

  • Buat Catatan

    Catatlah barang-barang yang dibutuhkan sebelum Anda berangkat dan buat komitmen pada diri sendiri agar tetap berfokus untuk berbelanja sesuai catatan. Dengan adanya catatan, Anda lebih dapat mengontrol niat Anda untuk berbelanja, sehingga barang-barang yang hanya merupakan keinginan saja tidak ikut ada dalam keranjang belanjaan.
  • Bawa Uang Tunai

    Membawa kartu kredit akan sangat memanjakan Anda karena Anda bisa membeli barang dengan hanya menggesek kartu. Membawa uang tunai sesuai budget Anda bisa lebih dapat "menyadarkan" Anda. Dengan habisnya uang di dompet berarti selesai sudah belanja Anda.
  • Bandingkan Harga

    Hal ini cukup penting, karena kadangkala barang dengan label Sale atau Diskon belum tentu lebih murah. Selisih diskon mungkin hanya beberapa ratus rupiah atau bahkan sebenarnya barang tersebut memang sudah di diskon walaupun tidak pada event khusus karena model lama atau ada sedikit cacat. Pada beberapa barang, harga barang mungkin sudah dinaikkan terlebih dahulu. Oleh sebab itu, bila memungkinkan, cek harga barang yang sama pada toko lainnya atau bila tidak sempat, cek barang melalui Internet sebagai acuan harga agar Anda tidak tertipu.
  • Ajak Orang Lain

    Bila Anda termasuk orang yang tidak bisa menahan diri untuk berbelanja, sebaiknya Anda mengajak seseorang untuk menemani, misalnya suami, saudara, atau teman. Jadi, bila kantong belanjaan Anda sudah penuh, orang tersebut bisa mengingatkan Anda. Yang paling penting dalam mengajak seseorang untuk menemani adalah pastikan orang tersebut bisa mengingatkan Anda dan bukan seseorang yang hobi berbelanja juga, karena salah-salah Anda yang akan semakin "dipanas-panasi" sehingga lebih banyak barang yang dibeli.
  • Teliti Barang yang Akan Dibeli

    Sebelum memutuskan untuk membeli barang, ada baiknya Anda memeriksa terlebih dahulu untuk mengetahui apakah ada cacat pada produk atau tidak. Ini terlebih berlaku pada saat acara diskon, karena mungkin saja barang diberi diskon karena ada cacat. Apabila Anda tidak menginginkan barang yang cacat atau cacat cukup besar, maka harus dipertimbangkan apakah cacat produk sebanding dengan diskon yang diberikan. Beberapa produk elektronik maupun furnitur sering membuat obral untuk barang-barang bekas pameran ataupun yang memiliki cacat produksi.
  • Pilih Barang Sesuai Ukuran

    Obral pakaian atau sepatu merupakan hal yang menarik bagi kaum wanita. Bahkan, karena tergiur kata "Diskon" menimbulkan perasaan ingin segera memilikinya. Beberapa wanita mungkin rela membeli pakaian atau sepatu yang tidak sesuai ukurannya. Walaupun Anda menyukainya tetapi apabila terlalu kecil atau terlalu besar, tentu akan tidak nyaman dan bisa jadi Anda hanya beberapa kali menggunakannya sebelum diberikan kepada orang lain.

Mendapatkan barang-barang dengan harga yang lebih murah saat obral atau ada diskon tentu dapat mengurangi uang yang harus dikeluarkan. Pastikan Anda benar-benar memerlukan barang tersebut dan tidak menjadi kalap saat berbelanja.

Silahkan baca artikel berikut

Artikel lainnya tentang: Mengatur Uang

Tulis komentar