Kumpulan InfoKulinerWisata KulinerSapuLidi - Resto and Cafe
SapuLidi - Resto and Cafe
Suasana pedesaan tradisional dapat Anda nikmati sambil menikmati makanan di SapuLidi.

Kumpulan.info - Bagaimana rasanya bersantap di tengah sawah dalam gubug beratap jerami? Anda bisa merasakan suasana ini di SapuLidi Cafe and Resto. Suasana bersantap di tengah sawah dapat dirasakan oleh para pengunjung yang umumnya berasal dari kota besar. Anda akan menikmati makan dengan suasana pedesaan tradisional. Terletak di daerah Lembang, Bandung akan membuat Anda semakin disegarkan oleh sejuknya udara pegunungan.


SapuLidi

Salah satu daya tarik dari SapuLidi Resto and Cafe adalah Anda dapat bersantap di saung-saung di atas hamparan sawah layaknya petani yang ada di desa. Saung dibuat agak tinggi dari bambu dan beratap jerami menyerupai gubug panggung. Anda perlu naik beberapa anak tangga dari kayu untuk duduk lesehan di saung ini. Sedangkan pada bagian bawah adalah tanah berumput dan di samping saung ada petak-petak sawah.

Untuk menambah kesan Anda sedang berada di sawah, terdapat orang-orangan sawah yang biasa digunakan petani untuk mengusir burung. Jalan untuk menuju saung-saung menyerupai pematang sawah dengan lebar yang kecil dari tanah. Samping kanan kiri pematang ini adalah petak-petak sawah. Pada bagian pinggir, aliran air kecil mengalir seperti aliran irigasi pada sawah. Pelayan-pelayan juga tampil menggunakan pakaian tradisional. Untuk pelayan wanita menggunakan kebaya begitu juga dengan pelayan pria yang menggunakan pakaian tradisional.

Anda dapat merasakan suasana bersantap di di pinggir kolam ikan. Dengan pondok dari kayu dibuat diatas kolam ikan mas. Suasana makan berbeda dari makan di saung karena disini, Anda tidak makan secara lesehan melainkan duduk diatas kursi. Makan disini juga tidak bisa secara tersendiri karena banyak meja dalam pondok ini, berbeda dengan saung-saung yang hanya untuk kelompok kecil di tiap saungnya. Ini merupakan salah satu alasan lebih banyak yang memilih untuk makan diatas saung sambil melihat petak-petak sawah.

Para pengunjung, terutama anak-anak suka untuk naik sampan yang ada di kolam ikan mas. Pengunjung dapat mendayung sampan ini sambil melihat ikan mas yang ada di dalam air. Cukup banyak ikan mas yang ada dalam kolam dan dengan ukuran yang lumayan besar. Hanya saja tidak terlalu luas kolam yang ada di dekat pondok kayu ini.

 

SapuLidi Resort

Dari tempat makan yang berupa saung-saung, terdapat pintu yang menghubungkan dengan SapuLidi Resort. SapuLidi memang menyediakan tempat untuk menginap berupa cottage yang didesain secara tradisional. Dengan pintu-pintu kayu gebyok adat Jawa yang menjadi pintu masuk ke dalam ruangan. Dalam cottage, tempat tidur dengan kelambu, meja, kursi dan lantai kayu yang sederhana membuat Anda serasa tinggal di desa. Belum lagi, kamar mandi berlantai batu-batu alam yang dibuat serasi dengan nuansa alami keseluruhan cottage.

Washtafel dari batu dengan keran dari bambu atau berupa layaknya pancuran. Dalam tipe cottage tertentu, terdapat bathtub yang terbuat dari batu. Lingkungan sekitar resort dengan tumbuh-tumbuhan, jalanan setapak, cottage-cottage tradisional dan danau dapat membuat Anda merasakan suasana yang berbeda.

 

SapuLidi Restoran

Makan di sawah SapuLidiDanau yang ada resort ini juga dapat digunakan oleh para pengunjung restoran SapuLidi. Tentu saja, jika tidak sedang digunakan oleh pengunjung lain atau tamu yang menginap di resort, karena naik sa. Terdapat 2 sampan dalam danau ini dan danau jauh lebih besar dibandingkan kolam yang ada di tempat makan. Bersampan di danau ini, Anda dapat menikmati tenangnya air danau yang dikelilingi cottage-cottage berdesain tradisional.

Nama-nama unik dalam bahasa Sunda dari menu makanan bisa Anda coba. Misalnya Ikan Penghuni SapuLidi, Ayam Hiber Ka Bulan, Ayam Kahaseupan, Cumi Dag Dig Dug, dan menu lainnya. Untuk harga makanan berkisar dari Rp 10.000,- sampai Rp 52.000,-.

Anda dapat pula merasakan minuman daerah yang ditawarkan SapuLidi. Minuman mulai dari jus, soft drink sampai minuman tradisional seperti sekoteng dan wedang ronde yang hangat. Menu minuman mulai dari Rp 3.500,- sampai Rp 35.000,-.

 

SapuLidi Gallery

Sebelum pulang, Anda dapat mampir di tempat penjualan souvenir SapuLidi. Terdapat aneka macam barang yang dapat Anda jadikan oleh-oleh. Mulai dari makanan berupa kripik dan makanan ringan lainnya. Aneka aksesories wanita menarik dapat dimiliki, seperti gelang, cincin atau kalung dari manik-manik maupun dari batu-batuan. Oleh-oleh unik dan khas yang disukai adalah miniatur sepeda ontel, miniatur becak dan miniatur becak sepeda. Selain itu, terdapat juga kaos, sepatu, tas dan berbagai kerajinan tangan yang dapat menjadi buah tangan untuk teman atau kerabat.

 

SapuLidi Cafe, Resort, & Gallery

Jl. Sersan Bajuri
Kompleks Graha Puspa
Cihideung, Lembang
Bandung, Jawa Barat
Indonesia
 

 

Peta Lokasi



Silahkan baca artikel berikut

Artikel lainnya tentang: Kuliner Bandung

Tulis komentar