Kumpulan InfoWisataObyek WisataMaratua, Eksotisme Terluar Indonesia di Kalimantan
Maratua, Eksotisme Terluar Indonesia di Kalimantan
Pulau Maratua salah satu pulau terluar di Indonesia yang eksotik.
Photo: ©Andaman

Kumpulan.info - Pulau Maratua, salah satu pulau paling luar Indonesia yang begitu eksotis. Pulau yang terletak di Kalimantan Timur dan berbatasan langsung dengan Malaysia (Sabah) dan Filipina memiliki atol dan koral yang begitu indah dan masih alami. Para wisatawan yang mengunjunginya memberi julukan untuk Maratua sebagai Paradise Island atau firdaus. Apa yang menarik di Pulau Maratua?


Menuju Pulau Maratua

Pulau Maratua berada di Laut Sulawesi, tepatnya terdapat di bagian selatan kota Tarakan, Kalimantan Timur. Untuk menuju ke tempat ini, Anda harus pergi terlebih dulu ke Bandara Juwutan di Tarakan. Saat ini sudah ada beberapa penerbangan menuju Tarakan.

Dari Tarakan, Anda dapat menggunakan pesawat menuju Bandara Tanjung Redeb di Kabupaten Berau. Dari Tanjung Redeb, Anda dapat menggunakan speed boat atau kapal penumpan menuju Pulau Maratua. Dengan speed boat akan membutuhkan waktu sekitar 3 jam menuju Pulau Maratua dari Tanjung Redeb.

Mengingat banyaknya wisatawan ingin mengunjungi Pulau Maratua, maka pada tahun 2015, di Pulau Maratua terdapat Bandara Maratua. Sehingga Anda bisa langsung menuju Pulau Maratua dengan menggunakan pesawat dengan waktu yang lebih singkat ketimbang menggunakan speed boat.

 

Kepulauan Derawan

Dengan speed boat, Anda bisa mengunjungi beberapa pulau di Kepulauan Derawan selain Maratua. Maratua merupakan salah satu dari 31 pulau yang berada di Kepulauan Derawan, yang masuk wilayah Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Pulau terkenal di Kepulauan Derawan selain Maratua adalah Pulau Derawan, Pulau Samama, Pulau Sangalaki dan Pulau Kakaban.

Umumnya pulau-pulau lainnya di Kepulauan Derawan tidak berpenghuni. Pulau Maratua memiliki penduduk sekitar 3000 jiwa dan di sana terdapat 4 desa dengan penduduk asli Suku Bajo yang bekerja sebagai nelayan. Empat desa tersebut adalah Desa Teluk Harapan, Desa Payungpayung, Desa Bohesilian dan Desa Teluk Alolo.

Di Kepulauan Derawan, Anda bisa menemukan danau air asin yang termasuk salah satu yang terbesar di dunia. Di kepulauan ini juga menjadi tempat bertelur terbesar di dunia dari penyu hijau. Berikut ini beberapa lokasi wisata menarik di Kepulauan Derawan:

  • Pulau Kakaban

    Terdapat danau air payau terbesar di dunia yaitu Danau Kakaban. Di dalam danau ini terdapat berbagai jenis hewan yang unik yang telah bermutasi untuk hidup di air payau.
  • Pulau Sangalaki

    Di pulau ini Anda bisa menyaksikan ikan pari raksasa, tempat bertelur penyu hijau dan bebarapa lokasi menyelam yang begitu indah.
  • Pulau Derawan

    Di sekitar pulau ini juga terdapat beberapa lokasi penyelaman yang begitu indah dan beraneka warna.

 

Penyu Hijau

Di sepanjang pantai Pulau Maratua terkenal sebagai tempat bertelur yang terbesar bagi penyu hijau. Ratusan penyu bertelur di pulau ini setiap tahunnya. Mungkin bisa dikatakan tempat ini merupakan ibukota bagi penyu hijau karena begitu banyak penyu hijau mengunjungi Pulau Maratua.

 

Diving

Ya, di Kepulauan Derawan khususnya Pulau Maratua menjadi lokasi snorkling dan diving yang begitu indah. Anda bisa melihat berbagai terumbu karang yang beraneka ragam. Warna terumbu karang yang begitu indah dapat Anda temukan di laut sekitar Pulau Maratua.

Setidaknya ada 21 titik penyelaman yang bisa Anda coba di sini. Masing-masing titik penyelaman memiliki eksotisme tersendiri. Jika Anda beruntung, Anda bisa menjumpai langsung penyu hijau dan ikan pari raksasa sambil menyelam di tempat ini.

Di antara 21 titik penyelaman (dive spot), terdapat dua titik penyelaman yang paling terkenal. Yang patut diingat, arus di lokasi ini cukup kuat dan lautnya sangat dalam, sehingga Anda perlu lisensi khusus atau didampingi saat menyelam di tempat ini. Kedua titik penyelaman tersebut yaitu:

  • Turtle Traffic

    Di sini Anda dengan mudah menjumpai penyu hijau. Ratusan penyu hijau sering melintas di area ini.
  • Big Fish Country

    Arus di lokasi ini cukup kuat dan banyak ikan berukuran besar di sini seperti pari raksasa, ikan tuna, dan hiu.

Jika Anda tidak bisa menjumpai penyu atau ikan berukuran besar, tidak perlu kecewa. Karena dive spot di Pulau Maratua selalu terdapat berbagai binatang laut yang unik dan menarik. Beberapa di antaranya seperti ubur-ubur, kuda laut, gurita, lobster, cumi-cumi, barakuda dan bahkan hiu putih.

 

Kehidupan Suku Bajo

Selain menikmati keindahan alam bawah laut, Anda juga bisa berinteraksi dengan penduduk setempat di Pulau Maratua. Anda bisa mengunjungi 4 desa yang terdapat di sini yang dihuni oleh penduduk asli Suku Bajo.

Rumah kayu yang unik dari penduduk setempat yang memiliki matapencaharian sebagai nelayan ini tentunya bisa menambah kesan tersendiri saat mengunjungi Pulau Maratua. Seluruh rumah di desa ini merupakan rumah panggung dan dihubungkan oleh jembatan kayu di atas hamparan terumbu karang dan batu di tengah laut lepas.

Anda juga memiliki kesempatan untuk belajar dari cara hidup yang unik dari Suku Bajo. Suku ini memiliki ilmu pengetahuan yang tinggi untuk kehidupan maritim termasuk navigasi dengan bintang. Bahkan penduduk di sini sangat ahli dalam menyelam bebas dengan waktu lama tanpa menggunakan bantuan alat. Kehidupan tradisional dari masyarakat setempat akan berkesan bagi Anda.

 

Akomodasi di Pulau Maratua

Selain wisata bawah laut dan wisata budaya, Anda juga bisa menikmati keindahan pantai dan laut di Pulau Maratua. Jika Anda ingin tinggal lebih lama, Anda bisa memilih untuk tinggal di rumah penduduk setempat atau di penginapan yang terdapat di Pulau Maratua. Salah satu resor yang terkenal di Maratua yaitu Maratua Paradise Resort yang memiliki beberapa fasilitas resor berkelas seperti kamar dengan pendingin udara, restoran, perlengkapan menyelam, dan penyewaan kapal.

Lokasi penginapan lainnya yang terdekat yaitu di Pulau Derawan yaitu Derawan Dive Resort dengan pemandangan laut yang begitu indah. Di resor ini juga memiliki fasilitas yang sama.

Namun ada juga penginapan homestay yaitu menginap di kamar-kamar yang disewakan oleh penduduk setempat. Tentunya biaya menginap lebih murah dan Anda bisa lebih mengenal kehidupan menarik dari penduduk setempat.

 

Pulau Terluar yang Berkesan

Meskipun lokasinya di paling luar dari wilayah Indonesia, Pulau Maratua dan pulau lainnya di Kepulauan Derawan layak untuk dikunjungi. Selain melihat keindahan alam baik di atas pulau maupun keindahan alam bawah laut, Anda juga bisa belajar dari penduduk setempat. Dan pastinya potensi wisata di Maratua akan terus berkembang sebagai pulau yang terletak di wilayah yang berbatasan dengan Malaysia dan Filipina.

 

Peta Lokasi



Silahkan baca artikel berikut

Tulis komentar