Kumpulan InfoWisataObyek WisataTeluk Kiluan Lampung
Teluk Kiluan Lampung
Teluk Kiluan yang penuh keindahan dan ketenangan disertai atraksi alami lumba-lumba.
Photo: ©Teguh Hardi

Kumpulan.info - Ingin melihat lumba-lumba di habitat aslinya? Bagi Anda yang tinggal di Jakarta, kini tidak perlu menempuh perjalanan yang terlalu jauh. Jika, sebelumnya Pantai Lovina, di Pulau Bali yang sudah terkenal menjadi tempat melihat lumba-lumba, ternyata di Propinsi Lampung, Anda dapat menyaksikan satwa bersahabat ini melompat dan beratraksi di alam bebas. Di mana Anda bisa menyaksikan lumba-lumba ini? Tepatnya di Teluk Kiluan!


Lokasi Teluk Kiluan

Teluk Kiluan berada di Kabupaten Tanggamus, yang terletak pada bagian selatan Propinsi Lampung dengan jarak 80 km dari kota Bandar Lampung. Untuk mencapai tempat ini, Anda dapat menggunakan transportasi pesawat terbang, bus atau menyeberang Selat Sunda dengan kapal ferry. Walau harus menempuh jarak yang tidak pendek, tidak perlu kuatir akan merasa bosan, karena pemandangan alam dari bukit dan pepohonan hijau akan menyegarkan pandangan Anda.

 

Atraksi Alami Lumba-Lumba

Teluk Kiluan merupakan jalur migrasi lumba-lumba mulut botol, sehingga setiap hari Anda dapat menyaksikan penampakan dari satwa ini pada laut lepas. Atraksi lumba-lumba yang melompat di atas lautan merupakan atraksi yang menarik untuk disaksikan. Agar dapat menyaksikan tingkah lucu mamalia sahabat manusia ini, Anda harus menuju sedikit ke tengah lautan.

Untuk dapat mencapai tempat ini, Anda dapat menaiki perahu nelayan yang sudah dilengkapi mesin bermotor. Perahu ini memiliki kapasitas 4 orang, dan dikenal dengan nama perahu jukung. Harga sewa 1 buah perahu berkisar Rp 250.000,- s/d Rp 300.000,-. Lumba-lumba tanpa malu-malu akan mendekati dan melompat di sekitar perahu. Pemandangan yang unik dari Teluk Kiluan.

Tidak hanya menyaksikan atraksi lumba-lumba, Teluk Kiluan memiliki pesona alam laut yang pantas untuk dikagumi. Air laut yang jernih memudahkan para pengunjung untuk menikmati pemandangan bawah laut yang terdiri dari beraneka ragam ikan dan terumbu karang dengan aneka warna serta biota laut lainnya.

 

Pulau Kelapa

Berada di sekitar Teluk Kiluan, Pulau Kelapa menjadi tempat yang sangat tepat untuk menikmati keindahan laut. Pengunjung harus membayar tarif masuk Rp 5.000,- untuk masuk ke pulau ini. Pulau Kelapa merupakan pulau kecil dengan pantai landai berpasir putih. Butiran pasir yang halus menjadikan pantai ini aman untuk disusuri sambil menikmati lautan luas atau sekedar bermain-main. Pulau ini memiliki banyak bintang laut dan umang sebagai penghuni pantainya.

Di pulau ini terdapat bukit karang yang menjadi tempat favorit untuk melihat pemandangan laut dari tempat tinggi. Dari ketinggian ini, Anda dapat mendengar dan menyaksikan deburan ombak yang menabrak karang sambil menikmati hembusan angin. Selain itu, ini juga merupakan spot favorit pengunjung untuk memancing.

 

Akomodasi di Teluk Kiluan

Jika ingin menikmati Teluk Kiluan lebih lama, Anda dapat menginap di tempat ini. Penginapan mulai dari cottage atau homestay di rumah penduduk dapat menjadi pilihan. Harga penginapan cukup terjangkau, dengan harga mulai dari Rp 150.000,- Anda sudah dapat bermalam di Teluk Kiluan.

Untuk masalah sarapan, makan siang, atau makan malam, tidak perlu kuatir kesulitan mendapatkan makanan, karena penduduk setempat dapat menyediakan kebutuhan ini dengan harga yang sangat bersahabat. Anda dapat memesan makanan dari penduduk dengan harga berkisar Rp 20.000,- untuk tiap porsi. Makanan rumahan ini biasanya dimasak sesaat sebelum disantap. Sehingga makanan terasa lebih segar dan sehat.

 

Pasir putih, air laut yang biru jernih, serta suasana pantai yang alami menjadikan Teluk Kiluan sebagai tempat tujuan untuk menghilangkan penat. Ditambah kesempatan untuk menyaksikan secara dekat lumba-lumba hidung botol di alam bebas, membuat kunjungan ke Teluk Kiluan menjadi salah satu pengalaman unik berwisata.

 

Peta Lokasi



Silahkan baca artikel berikut

Artikel lainnya tentang: Wisata Sumatera

Tulis komentar