Kumpulan InfoWisataObyek WisataDanau Toba yang Dahsyat dan Menakjubkan
  • Indahnya Danau Toba dari Samosir

    Keindahan Danau Toba dari Tuktuk di Pulau Samosir.

  • Sawah Bertingkat di Samosir

    Sawah bertingkat yang berada di Pulau Samosir.

  • Rumah Adat Batak

    Deretan rumah adat khas Batak di Samosir.

Kumpulan.info - Tahukah Anda bahwa Danau Toba di Sumatera Utara dinyatakan sebagai danau kawah atau danau vulkanik terbesar di dunia! Dapat kita bandingkan dengan luas Pulau Samosir yang terdapat di tengah-tengah Danau Toba. Pulau Samosir memiliki luas yang hampir sama dengan negara Singapura! Dapat Anda bayangkan luas Danau Toba yang mengelilingi Pulau Samosir, pastilah jauh lebih luas. Dengan panjang mencapai 87 kilometer dan lebarnya 27 kilometer dengan kedalaman mencapai lebih dari 500 meter, pasti tidak bisa dalam waktu satu hari kita dapat mengagumi keindahannya. Ayo kita menyusuri Danau Toba yang spektakuler dengan segala keindahan alam dan budayanya.


Masa Lalu yang Menakjubkan

Selain luasnya yang luar biasa menakjubkan, masa lalu Danau Toba tidak kalah menakjubkan. Dengan ketinggian 900 meter di atas permukaan laut, Toba awalnya berupa supervulkan yaitu gunung berapi raksasa yang mampu menghasilkan letusan yang sangat dahsyat.

Danau ini terbentuk akibat satu atau beberapa letusan gunung berapi yang luar biasa besar, yang menurut beberapa ilmuwan boleh jadi termasuk di antara letusan terdahsyat dalam sejarah bumi. Letusan itu membuat kawah yang luar biasa besar. Lambat laun, kawahnya yang sangat besar dipenuhi air dan membentuk apa yang kita kenal sebagai Danau Toba.

Kemudian pergeseran lapisan bumi membuat dasar danau naik dan membentuk Pulau Samosir yang sangat indah. Luas Samosir sekitar 647 kilometer persegi yaitu hampir sama dengan luas negara Singapura.

 

Keindahan Danau Toba

Dengan ketinggian hampir 1 kilometer di atas permukaan laut dan dikelilingi oleh deretan gunung berapi yang merupakan bagian dari Pegunungan Bukit Barisan membuat Danau Toba begitu sejuk dan indah. Banyak pohon enau dan pinus yang tumbuh subur di sekeliling Danau Toba menambah keindahan danau ini.

Di sebelah utara Danau Toba masih bisa dijumpai berbagai fauna yang menarik seperti lutung, orangutan, dan beberapa jenis monyet. Sedangkan di bagian selatan Danau Toba terdapat fauna yang berbeda jenis seperti monyet lingur, tapir, dan ingkir. Tentulah hal ini juga unik karena danau ini seolah-olah berfungsi sebagai garis pemisah ekologi fauna di sisi utara dan selatan Danau Toba.

Sejauh mata memandang, yang terlihat keindahan danau yang dikelilingi deretan gunung yang begitu indah dan menakjubkan. Kabut tebal kadang menyelimuti danau yang sejuk dan dingin ini. Jika tidak ada kabut, lekukan Danau Toba begitu indah untuk dikagumi. Ya, Danau Toba seperti sebuah laut di tengah-tengah daratan yang benar-benar sejuk.

Anda dapat mengamati lekuk indah Danau Toba melalui Menara Tele. Apalagi jika dilihat pada pagi hari, pemandangannya begitu indah mengingat menara ini berada di lereng bukit. Anda dapat menemukan Menara Tele di antara Pangururan dan Sidikalang.

Jika ingin menginap tanpa menyeberang ke Pulau Samosir, Anda bisa memilih berbagai penginapan di daerah Parapat. Di Parapat ada beberapa hotel dan resor dengan pemandangan langsung ke Danau Toba.

 

Pulau Samosir

Di tengah-tengah Danau Toba terdapat sebuah pulau yang juga tidak kalah indah dan menakjubkan yaitu Samosir. Di sana kita bisa mengunjungi beberapa desa dan menikmati wisata alam serta wisata budaya. Danau Toba dan Pulau Samosir merupakan jantung dan kampung halaman orang Batak.

Untuk mengunjungi Pulau Samosir bisa melalui pelabuhan di Parapat yaitu Pelabuhan Ajibata. Terdapat beberapa kapal feri yang siap mengantar penduduk setempat maupun wisatawan menuju Pelabuhan Tomok di Pulau Samosir. Bahkan tersedia juga beberapa feri pengangkut kendaraan seperti mobil dan motor menuju Samosir. Lama perjalanan feri menuju Pulau Samosir sekitar 30 menit.

Ketika mencapai Pelabuhan Tomok di Pulau Samosir, ada banyak pedagang cindera mata khas Danau Toba dan khas tanah Batak di daerah sekitar Pelabuhan Tomok, Samosir. Anda bisa membeli kaos, kerajinan tangan dan juga ulos di lokasi ini jika ingin membeli oleh-oleh untuk dibawa pulang. Sebaiknya membeli oleh-oleh di sini karena banyak pilihan yang bisa Anda beli untuk dibawa pulang.

Penduduk yang ramah selalu siap menyambut kedatangan Anda. Selain itu, Anda akan lebih mengenal berbagai kebudayaan dan adat orang Batak di Pulau Samosir. Anda bisa menjumpai beberapa rumah adat Batak di pulau ini. Di sana Anda bisa belajar tentang sejarah Batak dan berbagai kebudayaan menarik orang Batak khususnya Batak Toba. Bahkan Anda bisa ikut menari bersama penduduk setempat saat ada pertunjukan Sigale-gale.

Selain wisata budaya, kita juga akan menikmati berbagai keindahan alam Pulau Samosir. Kita bisa menemukan keindahan sawah bertingkat seperti yang terdapat di Bali. Juga ada beberapa air terjun yang begitu indah untuk dikunjungi seperti Air Terjun Simangande dan Air Terjun Pangaribuan (terletak di Kecamatan Palipi) yang merupakan air terjun terbesar di Pulau Samosir. Yang menarik di lokasi sekitar Air Terjun Pangaribuan di Palipi, diyakini sebagai tempat diturunkannya Raja Batak.

Selain air terjun, di Pulau Samosir juga terdapat dua buah danau yaitu Danau Aek Natonang dan Danau Sidihoni. Itu sebabnya kedua danau ini sering diberi julukan "Danau di atas danau" karena keunikannya yaitu danau yang berada di tengah Pulau Samosir, sedangkan pulau ini berada di tengah Danau Toba.

Tidak perlu takut jika satu hari tidak cukup untuk menikmati keindahan Danau Toba dan Pulau Samosir. Banyak sekali penginapan di Pulau Samosir dari resor, hotel dan penginapan biasa. Anda bisa menemukan banyak penginapan di sepanjang daerah Tuktuk dan Ambarita yang tidak jauh dari Pelabuhan Tomok. Di sini kita bisa menginap sambil menikmati keindahan alam Danau Toba dan Pulau Samosir.

Danau Toba dengan Pulau Samosir memang membuat pengalaman wisata yang benar-benar indah. Danau ini begitu indahnya dari sisi mana pun. Ingin sekali untuk berlama-lama di Danau Toba karena keindahan yang spektakuler, dahsyat dan menakjubkan.

 

Fakta Menarik tentang Danau Toba

Berikut ini tujuh fakta menarik yang perlu Anda ketahui tentang Danau Toba.

  • Panjangnya mencapai 87 kilometer dan lebarnya 27 kilometer.
  • Diakui sebagai danau vulkanik atau danau kawah terbesar di dunia.
  • Merupakan danau terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara.
  • Jumlah air di Danau Toba cukup untuk menggenangi seluruh Kerajaan Inggris hingga setinggi kira-kira satu meter.
  • Pulau Samosir di tengah Danau Toba memiliki luas 647 kilometer persegi yaitu hampir sama dengan Republik Singapura.
  • Danau di atas danau, itulah yang terdapat di Pulau Samosir, karena memiliki dua buah danau di tengah-tengah pulau yang berada di tengah Danau Toba.
  • Terbentuk akibat salah satu letusan terdahsyat Gunung Toba, yaitu gunung berapi supervulkan sepanjang sejarah sejak bumi terbentuk dan yang terbesar dalam dua juta tahun terakhir. Letusan Gunung Toba yaitu sekitar 74.000 tahun yang lalu membuat bumi menjadi dingin karena debu vulkanik menutupi permukaan bumi sehingga suhu di bumi berkurang hingga 10 derajat Celcius dan debu vulkanik mencapai Greenland di kutub utara dan Antartika di kutub selatan.

 

Peta Lokasi



Silahkan baca artikel berikut

Artikel lainnya tentang: Wisata Sumatera

Tulis komentar