Kumpulan InfoWisataObyek WisataPesona Gili di Lombok
  • Gili Meno

    Gili Meno merupakan salah satu gili yang juga sering dikunjungi wisatawan.
    Photo: ©Luciano Mortula

  • Gili Air

    Gili Air juga menawarkan keindahan yang indah.
    Photo: ©Kamila Kowalska

  • Gili Trawangan

    Gili Trawangan merupakan salah satu gili yang paling dikenal di Lombok selain Gili Air dan Gili Meno.

Kumpulan.info - Wisata pantai Lombok memang mempesona. Lokasinya berdekatan dengan Pulau Bali yang telah menjadi ikon wisata di Indonesia. Pulau Lombok tidak kalah indah dalam hal pemandangan alam yang akan ditawarkan. Tidak hanya satu tempat, tetapi berkunjung ke Lombok, Anda dapat menjelajahi puluhan gili yang ada. Apa itu gili? Dan pulau apa saja yang terdapat di Lombok?

Gili

Gili adalah sebutan masyarakat setempat, yang berarti pulau kecil. Ada berbagai keindahan menarik pada tiap gili. Mari mengunjungi dan menikmati pesona gili-gili di Lombok. Berikut ini beberapa gili yang terdapat di Lombok.

 

Gili Trawangan, Gili Meno, Gili Air

Untuk mengunjungi ke Gili Trawangan, Anda dapat menumpang perahu dari Pantai Senggigi dengan lama perjalanan sekitar 30 menit. Gili Trawangan berada di bagian Lombok Barat. Jaraknya kurang lebih 40 km dari kota Mataram. Lokasi Gili Trawangan berdekatan dengan Gili Meno dan Gili Air. Ketiga gili inilah yang paling dikenal di Lombok. Fasilitas untuk kegiatan wisatawan sudah lengkap untuk menunjang kenyamanan para pengunjung.

Berbagai tempat penginapan mudah ditemui disini mulai dari tarif yang murah sampai dengan harga yang cukup tinggi. Hotel melati, bungalow, resor siap menampung Anda untuk bermalam di pulau ini.

Hamparan pasir putih berpadu dengan birunya air laut akan memanjakan mata Anda. Anda dapat berjemur, berjalan di hamparan pair putih, atau sekadar menikmati pemandangan sambil dibelai hembusan angin.

Untuk menikmati pemandangan bawah laut yang indah, Anda dapat bersnorkling atau menyelam (diving). Tidak perlu kuatir jika Anda tidak membawa peralatan, karena tersedia alat penyewaaan untuk melakukan kegiatan bawah laut tersebut. Atau untuk yang lebih menantang, Anda dapat menyewa dan mencoba kegiatan berselancar di lautnya.

Bosan bermain di pantai dan laut, Anda dapat berkeliling pulau dengan menyewa sepeda atau berkeliling menaiki cidomo, sebutan untuk delman atau andong yang ada di Lombok. Suasana pantai pada malam hari biasanya akan lebih ramai dibandingkan suasana siang hari karena banyak aktivitas yang dilakukan para wisatawan yang dilakukan pada malam hari.

 

Gili Nanggu

Jika Anda ingin menikmati suasana sunyi, berkunjung ke Gili Nanggu menjadi hal yang tepat. Aktivitas di Gili Nanggu jauh lebih sepi dibandingkan Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air yang memang menjadi pusat wisata Lombok.

Keindahan pantai di Gili Nanggu tidak kalah menariknya, karena Gili Nanggu memiliki pantai berpasir putih dan memiliki perairan yang dangkal Laut di Gili Nanggu sangat cocok untuk kegiatan snorkeling, karena terdapat beragam ikan dan pemandangan terumbu karang yang cantik.

Keindahan Gili Nanggu semakin lengkap karena ada banyak pohon cemara yang tertanam di pulau ini dan membuat suasana terasa lebih rimbun. Alam di pulau ini masih terjaga keasriannya. Dengan ukurannya yang tidak terlalu luas, gili ini cocok bagi Anda yang ingin menikmati suasana yang lebih private.

 

Gili Kedis

Dikenal juga dengan nama Romantic Island. Tempat ini menjadi incaran para wisatawan untuk menikmati pemandangan matahari tenggelam (sunset) di hamparan pasir putihnya. Kedis berarti burung pipit atau burung kecil. Namanya sangat sesuai karena diantara semua gili yang ada, Gili Kedis memang yang berukuran paling mungil. Tidak ada penduduk yang tinggal di pulau ini.

 

Gili Tangkong

Keindahan laut, pantai berpasir putih, dan keanekaragaman biota laut di Gili Tangkong telah menarik para wisatawan untuk mengunjungi pulau yang berukuran 28 hektar ini. Terletak di kecamatan Sekotong, Lombok Barat, para wisatawan dapat menjelajahi pulau ini.

 

Gili Sudak

Pulau dengan luas 30 hektar ini merupakan daerah yang masih baru untuk para wisatawan. Maka, Anda mungkin akan kesulitan untuk mendapatkan akomodasi yang lengkap. Belum ada penginapan dan rumah makan masih sangat sedikit. Namun demikian, banyak wisatawan yang ingin mengunjunginya karena daerahnya yang masih asri.

 

Bagi Anda pecinta pantai dan laut, silahkan menjelajahi banyak gili di Lombok yang mempesona. Anda akan menikmati keindahan alam yang masih alami dan benar-benar memanjakan mata.

Topik: Lombok

 

Peta Lokasi



Silahkan baca artikel berikut

Tulis komentar