Tidur

Kesehatan Tidur

Pilih Jenis Bantal yang Tepat

Pilih bantal dan guling dengan bahan yang tepat agar Anda dapat tidur nyenyak dan tidur Anda menjadi lebih nyaman dan menghindari salah bantal. Jenis bantal seperti kapuk, memory foam, dakron, lateks, bulu angsa, busa bisa menjadi pilihan Anda.

Pernah mendengar istilah salah bantal? Rasa kaku di leher yang menyebabkan Anda merasa sakit apabila menggerakkan leher. Walaupun, belum dapat dipastikan gejala tersebut penyebabnya adalah bantal, tetapi memang menggunakan bantal tidak cocok akan menyebabkan tidur tidak nyaman bahkan dapat menyebabkan sakit tulang pada tulang punggung. Kenali bantal dan pilih yang tepat agar Anda dapat tidur nyenyak dan menikmati tidur yang berkualitas, sehat dan nyaman.

Lihat artikel selengkapnya:
Pilih Jenis Bantal yang Tepat


Kesehatan Tidur

Ada Apa di Balik Mimpi?

Setiap orang pasti sering bermimpi. Mimpi saat Anda tidur merupakan proses yang unik dari otak. Mengapa Anda bermimpi, apa penyebabnya, dan mengapa saya bermimpi sesuatu? Mari cari tahu mengenai rahasia mimpi.

Di mana Anda dapat merasakan rasanya terbang? Pergi ke masa lalu? Pergi ke suatu tempat wisata yang sangat indah? Atau bertemu dengan idola Anda? Semua dapat saja terjadi dalam mimpi. Anda akan merasakan perasaan yang sangat nyata kala bermimpi. Mengapa kita bermimpi? Apa yang terjadi saat bermimpi?

Lihat artikel selengkapnya:
Ada Apa di Balik Mimpi?


Kesehatan Tidur

Apa yang Terjadi Saat Kita Tidur?

Ada dua keadaan tidur yang diawali keadaan NREM lalu REM. Dimulai dari tidur ringan, hingga tidur pulas atau tidur nyenyak. Kemudian pada keadaan REM Anda mengalami mimpi dan otak Anda bekerja aktif. Apa manfaatnya? Apa yang terjadi saat Anda tidur?

Sebagai salah satu rutinitas dalam keseharian kita, tidur memang menjadi hal yang biasa kita lakukan. Pada malam hari, rasa kantuk yang dihasilkan hormon melatonin menjadi penanda bahwa tubuh butuh istirahat dengan tidur. Anda pergi ke tempat tidur, merebahkan diri dan tanpa sadar Anda telah tertidur. Keesokan harinya, pada saat terbangun Anda mungkin tidak ingat berapa lama persisnya Anda telah terlelap. Anda mungkin masih teringat dengan mimpi indah semalam. Pernahkah Anda bertanya-tanya, apa yang sebenarnya terjadi pada saat kita tidur?

Lihat artikel selengkapnya:
Apa yang Terjadi Saat Kita Tidur?


Tahukah Kamu? Tidur

Mengapa saat terjaga dari tidur kadang tidak mampu menggerakkan anggota tubuh?

Jika saat terbangun, kita merasa lumpuh sesaat dan tidak dapat menggerakkan tubuh, maka kita mengalami sleep paralysis. Pada saat itu otot-otot motorik membangunkan kita secara tiba-tiba namun otak belum siap untuk bangun.

Keadaan ini disebut sebagai sleep paralysis. Merupakan kondisi dimana otot-otot motorik membangunkan kita secara tiba-tiba namun otak belum siap untuk bangun. Sehingga kita sadar bahwa kita telah terjaga tetapi tidak mampu menggerakkan tubuh.

Lihat artikel selengkapnya:
Mengapa saat terjaga dari tidur kadang tidak mampu menggerakkan anggota tubuh?


Kesehatan Tidur

Tidur Nyenyak di Malam Hari

Tidur merupakan kegiatan yang menyenangkan bagi kebanyakan orang. Saat tidur, kita dapat beristirahat dan merasa lebih segar saat bangun dan pikiran tenang. Waktu yang dibutuhkan untuk tidur bagi orang dewasa berkisar 8 jam setiap hari. Bagaimana tips tidur nyenyak?

Tidur... Merupakan kegiatan yang menyenangkan bagi kebanyakan orang. Saat tidur, kita dapat beristirahat dan merasa lebih segar saat bangun. Waktu yang dibutuhkan untuk tidur bagi orang dewasa berkisar 8 jam setiap hari. Namun, pekerjaan yang menyita waktu, menonton televisi dan hal-hal lain membuat hanya sedikit orang yang benar-benar tidur dalam jangka waktu tersebut.

Lihat artikel selengkapnya:
Tidur Nyenyak di Malam Hari


Topik: Tidur