Bagikan di:
     

Apakah Kerontokan Rambut Saya Masih Normal?

Apakah Kerontokan Rambut Saya Masih Normal?
Apakah Kerontokan Rambut Saya Masih Normal?

Rambut rontok adalah normal bagi semua orang. Setiap hari, kita akan menjumpai rambut kita rontok. Jumlah rambut yang rontok setiap hari berbeda bagi setiap orang. Berapa jumlah rambut rontok yang masih dianggap normal? Bagaimana cara mengetahuinya?

Bagi wanita, memiliki rambut tebal dan indah adalah idaman banyak wanita supaya terlihat cantik. Namun bagi wanita, kerontokan rambut akan lebih mudah terjadi.

Jika seorang wanita menjumpai rambutnya rontok hingga 100 helai rambut per hari, ini masih termasuk normal. Tidak perlu takut jika jumlah rambut rontok mencapai 100 helai per harinya. Ini semua masih wajar atau normal.

Bahkan dalam beberapa kasus tertentu, rambut bisa rontok hingga 200 helai per harinya. Dan ini masih bisa terbilang wajar untuk jenis rambut tertentu. Sehingga tidak perlu terlalu khawatir saat melihat jumlah rambut rontok dalam jumlah seperti itu.

Oleh karena itu, untuk memastikan apakah rambut kita masih sehat, ada beberapa tes yang bisa dilakukan. Berikut ini beberapa tes untuk menguji rambut indah kita.

 

Baca juga:
Rambut Tebal Idaman yang Kuat



 

Tes Rambut Rontok

Untuk mengetahui apakah rambut kita yang rontok masih dianggap normal, coba lakukan tes singkat berikut ini. Coba memegang rambut dengan jari-jari Anda dan coba tarik rambut Anda. Jika jumlah helai rambut yang rontok pada saat itu mencapai 8 helai rambut, ini masih normal.

Bahkan jika jumlah rambut yang rontok lebih dari itu, apalagi jika lebih dari 15 helai rambut yang rontok dalam satu tes tarikan, hal ini bisa disebabkan faktor lain dan bukan karena rambut Anda rusak. Misalnya pengaruh hormon, sedang menstruasi, kekurangan vitamin, hingga stres. Salah satu dari faktor itu bisa menyebabkan rambut rontok lebih banyak dari biasanya. Segera atasi masalah tersebut, misalnya dengan mengkonsumsi vitamin atau mengurangi stres pada tubuh.

 

 

Fase Pertumbuhan Rambut

Yang perlu diingat, fase pertumbuhan rambut dimulai dengan fase pertumbuhan rambut. Lalu rambut akan bertahan selama 2-6 tahun. Ada sekitar 90% rambut kita yang berada dalam fase ini.

Setelah periode itu, rambut akan berhenti tumbuh dan masuk dalam fase kerontokan untuk memberikan ruang pada kepala. Ruang kosong ini akan diganti dengan rambut yang baru dan mulai lagi ke fase pertumbuhan rambut. Ada sekitar 10% rambut pada fase ini.

Siklus ini akan terus berulang di bagian kepala. Sehingga tidak perlu khawatir jika ada cukup banyak rambut yang rontok. Ini bisa berarti dari rambut yang rontok itu, termasuk 10% dari rambut yang berada dalam fase tidak bertumbuh yang siap untuk digantikan oleh rambut baru.

 

Cara Mengurangi Rambut Rontok

Memang kerontokan rambut tidak dapat dihindari. Namun jumlah rambut rontok bisa dikurangi dengan mudah. Yang terpenting, penuhi asupan nutrisi dalam tubuh seperti vitamin dan mineral yang ada di berbagai buah-buahan. Ini akan membantu menjaga kesehatan rambut.

Rambut indah adalah idaman semua wanita. Berikut ini beberapa tips rambut indah yang mudah dilakukan:
Tips Rambut Indah

Selain asupan nutrisi yang baik, melindungi rambut dari paparan sinar matahari secara langsung juga membantu mengurangi kerontokan rambut. Karena sinar matahari, apalagi saat matahari terik, bisa mempercepat kerusakan rambut dan membuat rambut rontok lebih cepat.

Cara lain adalah memilih produk perawatan rambut yang bagus. Produk ini tidak perlu mahal, namun jika memiliki kandungan yang menyehatkan rambut, akan membantu mengurangi kerontokan pada rambut.

Keramas secara teratur juga membantu menjaga kebersihan dan kesehatan rambut. Namun jangan terlalu sering keramas. Penggunaan sampo terlalu sering bisa membuat rambut menjadi kering, mudah patah, bahkan bisa merusak rambut. Saran terbaik adalah keramas maksimal 3 kali dalam seminggu. Dan keringkan rambut secara lembut dengan handuk.

Jadi jangan takut, meski jumlah rambut rontok cukup banyak setiap harinya, itu masih wajar. Dengan menjaga kebersihan rambut, serta melakukan perawatan rambut yang baik, dan jangan lupa memiliki asupan gizi yang baik, rambut kita akan tetap sehat, kuat dan indah.

Jika kita mulai menjumpai beberapa masalah pada rambut seperti rambut bercabang, mudah patah, mulai berubah, silahkan baca artikel berikut ini yang akan membahas beberapa solusi atas permasalahan rambut:
Solusi Masalah Rambut Anda