Kumpulan InfoWisataObyek WisataRaja Ampat - Surga Tersembunyi
Raja Ampat - Surga Tersembunyi
Raja Ampat telah menjadi salah satu tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi di Indonesia.

Kumpulan.info - Keindahan alam papua yang masih jarang terjamah, membuat daerah ini masih asri dan menjadi tujuan wisata yang menarik. Raja Ampat adalah daerah terkenal di papua yang telah menarik simpati seluruh dunia. Keindahan alam, flora, fauna dan keramahan penduduk memang sangat menawan dan pantas jika daerah ini dijuluki sebagai surga dunia.


Legenda Raja Ampat

Legenda dinamakan Raja Ampat adalah berasal dari seorang wanita yang menemukan 7 buah telur. Seluruh telur akhirnya menetas dan 4 diantaranya menjadi raja. Nama Raja Ampat berarti empat raja, dilambangkan dengan 4 pulau utamanya., yaitu pulau Misool, Salawati, Waigeo dan Batanta.

 

Pulau di Raja Ampat

Sebenarnya ada banyak pulau di kepulauan yang termasuk dalam propinsi Papua Barat ini. Ada 610 pulau yang tersebar, tetapi baru 35 pulau yang ditinggali. Keseluruhan pulau saling melengkapi sehingga membuat Raja Ampat memiliki keindahan yang diakui dunia. Pantai dengan pasir putih, hutan rimbun yang masih perawan, deburan ombak, laut biru dengan beragam flora faunanya serta gugusan pulau-pulau kecil yang bagaikan taburan zamrud hijau.

 

Wisata di Raja Ampat

Berbagai kegiatan dapat dilakukan para wisatawan yang berkunjung ke kepulauan ini. Yang menjadi favorit adalah kegiatan yang dapat dilakukan di lautnya yang bersih. Anda akan menyesal jika tidak menyelam untuk melihat flora dan fauna di bawah laut, karena flora dan fauna bawah lautnya merupakan yang paling lengkap di seluruh dunia selain perairan ini juga menduduki rangking 10 besar sebagai perairan terbaik untuk melakukan diving atau menyelam.

Deburan ombak sangat menantang bagi para peselancar, Banyak wisatawan berselancar di laut kepulauan Raja Ampat. Dengan hempasan angin laut dan hangatnya sinar matahari membuat berselancar menjadi menyenangkan. Ditambah lagi keindahan pasir putihnya yang indah, menjadi pemandangan yang indah bagi para peselancar. Pulai Misool menjadi tempat favorit para peselancar.

 

Pulau Favorit di Raja Ampat

Berikut ini beberapa pulau favorit yang menjadi tempat yang paling sering dikunjungi wisatatan.

  • Pulau Wayag

    Pulau Wayag menadi pulau primadona bagi para wisatawan. Di pulau ini terdapat pulau karang yang diatasnya ditumbuhi pepohonan yang rimbun sehingga saat melihat dari atas kapal, laut terlihat berwarna kehijauan. Air laut yang jernih membuat Anda dapat melihat biota laut secara langsung.
  • Pulau Waiwo

    Jangan lupa mengunjungi Pulau Waiwo. Rasa sejuk dan nyaman akan Anda rasakan karena pulau ini penuh dengan pepohonan yang rimbun disamping lautnya yang indah. Berbagai kegiatan laut dapat Anda lakukan, misalnya berenang, menyelam atau sekadar melakukan snorkeling untuk melihat keindahan biota lautnya di dalam air yang jernih. Ikan-ikan kecil dengan beraneka macam warna tampil menggemaskan untuk disentuh. Anda bisa menyentuh ikan tetapi terdapat larangan untuk menangkapnya.
  • Pulau Karang

    Bagi Anda yang suka tantangan, cobalah untuk mendaki Pulau Karang. Untuk mendakinya, Anda akan melewati jalan yang curam, bahkan sampai kemiringan 90 derajat. Dibutuhkan tenaga ekstra untuk mencapai puncaknya. Tetapi, dijamin Anda tidak akan menyesal apabila berhasil mencapai puncak. Dari ketinggian puncak Pulau Karang, Anda dapat melihat keseluruhan pulau-pulau hijau yang diselingi birunya air laut.
  • Kepulauan Gam

    Selesai dengan keindahan laut dan pulaunya, Anda dapat menikmati keindahan fauna khas Papua, yaitu burung cendrawasih. Ada 4 jenis burung cendrawasih yang ada disini, yaitu cendrawasih merah, cendrawasih besar, cendrawasih kecil dan cendrawasih belah rotan. Atraksi burung cendrawasih menari dapat dinikmati di Kepulauan Gam. Telah disediakan tempat untuk melihat cendrawasih menari. Dlaam rumah-rumah kayu, pengunjung dapat menyaksikan bagaimana burung cendrawasih jantan memperlihatkan bulu-bulu cantiknya agar dapat menarik perhatian cendrawasih betina. Atraksi hanya bisa dilihat pada waktu-waktu tertentu, yaitu pada pagi hari, pukul 07.00-09.00 dan sore hari pukul 16.00-17.00.
  • Pulau Arborek

    Selesai bertualang dan menikmati Raja Ampat, saatnya membeli cindera mata di desa Arborek yang terletak di Pulau Arborek. Berbagai oleh-oleh dari daun pandan hutan telah dikreasikan oleh masyarakat setempat menjadi kayafyof (topi), noken (tas) besar, noken untuk ponsel dan hasil kreasi lainnya.

Raja Ampat telah menyedot perhatian dunia sebagai salah satu tempat wisata yang layak untuk dikunjungi. Menjaga kelestarian lingkungan dan flora fauna yang ada disana harus menjadi perhatian agar Raja Ampat tetap dapat menjadi surga bagi para penikmat wisata alam.

 

Peta Lokasi



Silahkan baca artikel berikut

Artikel lainnya tentang: Indonesia Timur

Tulis komentar