Kumpulan InfoWisataObyek WisataPesona Keindahan Ujung Genteng
Pesona Keindahan Ujung Genteng
Pantai Cibuaya Ujung Genteng dengan lubang-lubang yang menarik.

Kumpulan.info - Menikmati pemandangan alam di Ujung Genteng akan memberikan pengalaman yang mengesankan. Berada di Sukabumi, Ujung Genteng menjadi tempat wisata yang tidak membosankan karena Anda dapat bermain di pantai juga menikmati air terjun. Suasana yang masih alami dapat Anda rasakan di sini.


Ujung Genteng

Ujung Genteng berlokasi di daerah Sukabumi, Jawa barat. Untuk mencapainya dibutuhkan waktu sekitar 6 sampai 7 jam dari Jakarta. Mamang waktu yang tidak sedikit. Jarak lebih dari 200 kilometer ditambah keadaan jalan yang belum terlalu baik membuat dibutuhkan waktu yang cukup lama untuk mencapai Ujung Genteng.

Pantai yang ada di kawasan ini merupakan pantai selatan Pulau Jawa yang merupakan pantai dari Samudra Hindia. Tetapi, karena adanya karang-karang di lautan sebelum pantai membuat ombak besar yang datang terpecah, sehingga ombak di pantai ini tidak terlalu besar. Air laut masih jernih sehingga Anda bisa puas menikmati pemandangan pantai dan menikmati jernihnya air. Bahkan Anda dapat memandang terumbu karang dan ikan-ikan cantik yang berwarna-warni tanpa harus menyelam atau dengan snorkeling. Pantai ini juga menjadi tempat yang sangat tepat untuk menikmati matahari tenggelam atau sunset.

 

Akuarium Alami di Cibuaya

Daya tarik lain dari pantai Ujung Genting adalah adanya akuarium alami. Anda dapat melihat ikan-ikan yang berwarna-warni yang terjebak di lubang-lubang di pantai. Ombak yang menyapu pantai, kadangkala membawa ikan-ikan cantik ini ke pantai dan menempati lubang-lubang di antara karang-karang di tepi pantai. Pemandangan unik ini dapat Anda nikmati di Pantai Cibuaya, Ujung Genteng.

 

Melihat Penyu di Pantai Pengumbahan

Di kawasan Ujung Genteng, ada juga Pantai Pengumbahan. Pantai ini menjadi tempat favorit penyu untuk bertelur. Inilah yang menjadi daya tarik pantai ini. Pada malam hari, jika beruntung, Anda dapat melihat penyu-penyu berukuran besar yang menuju pantai untuk bertelur. Anda juga dapat melihat proses bertelurnya penyu-penyu ini. Agar tidak mengganggu penyu dan membuat mereka meninggalkan pantai ini, maka pada saat melihatnya harus menggunakan cahaya yang sangat minim dan tidak boleh mengeluarkan suara yang mengagetkan.

Seekor penyu bisa bertelur hingga seratus butir. Penyu-penyu ini akan meletakkan telur-telurnya di dalam pasir. Biasanya petugas akan segera mengamankan telur-telur ini untuk dikembangbiakan tanpa ada gangguan.

 

Indahnya Tebing di Amanda Ratu

Jangan lupa mengunjungi Pantai Amanda Ratu. di sini, Anda dapat melihat pemandangan seperti yang ada di Tanah Lot, Bali. Anda dapat melihat tebing karang yang ada di laut serta bagaimana kerasnya ombak yang menghantam tebing ini.

 

Segarnya Curug Cikaso

Curug CikasoSetelah puas bermain air di pantai, daerah Ujung Genteng juga memiliki curug atau air terjun yang indah yang disebut Curug Cikaso. Air terjun cikaso menampilkan pemandangan yang indah karena ada tiga buah air terjun yang dapat dilihat. Suasana segar dan dinginnya air dapat menghilangkan rasa lelah yang Anda rasakan.

Fasilitas umum yang tersedia di Ujung Genteng memang belum terlalu baik. Sarana transportasi, tempat makan dan penginapan belum terlalu berkembang walaupun kini sudah semakin ramai warga yang menyediakan sarana-sarana ini. Walau harus menempuh perjalanan panjang dan tidak mudah, tetapi pemandangan indah dan alami serta banyaknya situs wisata seperti Pantai Cibuaya, Pantai Pengumbahan, Pantai Amanda Ratu, dan tidak ketinggalan Curug Cikaso. Semuanya dapat dinikmati sekaligus mampu menarik para wisatawan untuk mengunjungi Ujung Genteng.

 

Peta Lokasi



Silahkan baca artikel berikut

Artikel lainnya tentang: Wisata Pantai

Tulis komentar