Kumpulan InfoKeuanganWirausahaSukses Bekerja Freelance
Sukses Bekerja Freelance
Bekerja secara freelance memiliki banyak keuntungan. Anda bisa mengerjakannya di rumah.

Kumpulan.info - Bekerja dengan jadwal yang bebas, tanpa stres akibat kemacetan, lebih banyak waktu untuk anak atau keluarga, tanpa omelan dari bos, atau mau mendapatkan gaji yang lebih besar. Mungkin hal ini bisa Anda nikmati bila Anda bekerja secara freelance sebagai seorang freelancer atau bekerja secara independen atau pekerja lepasan. Untuk dapat menjadi seorang freelancer yang berhasil, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Karena selain berbagai hal positif yang dapat Anda nikmati, Anda juga harus bersiap untuk mengatasi hal yang tidak menyenangkan dari seorang freelancer.

Menjadi seorang freelancer memang dapat menjadi pilihan bagi Anda yang sudah bosan dengan pekerjaan kantoran yang tidak fleksibel. Kini, jumlah pekerja freelance sudah semakin banyak, seperti fotografer, desainer, penulis, agen asuransi, programer, dan lainnya.

 

Sarana Pendukung Seorang Freelancer

Bekerja freelance didorong berkat kemajuan dari Internet yang sudah menjadi bagian hidup. Idealnya, seorang freelancer mencari sendiri pekerjaan yang akan dikerjakannya. Ini dapat dipermudah dengan mencari melalui Internet. Atau bila Anda kesulitan mendapatkan proyek untuk dikerjakan, ada banyak agensi freelance dapat Anda temukan di Internet. Agensi akan menyediakan proyek yang dapat dikerjakan. Setelah selesai, Anda tinggal mengirimkan hasil kerja Anda melalui Internet dan Anda akan memperoleh bayaran dari hasil kerja Anda.

Manfaat lain dari Internet untuk freelancer adalah sebagai tempat untuk mempromosikan keahliannya. Maraknya situs jejaring sosial dan blog memudahkan para pekerja bebas ini tidak perlu repot mempromosikan produknya dengan brosur atau kertas yang belum tentu efektif dan membutuhkan biaya yang lebih banyak.

Berkembangnya teknologi komunikasi yang murah dan mudah telah menjembatani antara kebutuhan konsumen dengan freelancer. Dengan menggunakan SMS, email, atau messenger membuat freelancer tidak perlu menghabiskan lebih banyak uang untuk biaya transportasi menemui konsumen. Tanya jawab dan produk yang ditawarkan dapat dengan mudah dikirimkan dalam waktu yang cepat.

 

Enaknya Seorang Freelancer

Berbagai hal yang tidak bisa dinikmati oleh seorang pekerja sepenuh waktu (full time) menjadi hal biasa yang dapat dinikmati freelancer. Beberapa di antaranya yaitu:

 

  • Fleksibel waktu

    Umumnya, Anda bebas mengerjakan tugas Anda kapan saja asal bisa diselesaikan sebelum batas waktu (deadline) yang telah ditentukan. Jadi, Anda bisa libur semaunya dan bisa lebih dekat dengan keluarga. Anda juga tidak perlu pergi ke kantor yang mungkin harus melewati kemacetan yang membuat stres.
  • Tidak perlu mendapat tekanan dari atasan atau perusahaan

    Anda bekerja untuk Anda sendiri, jadi tidak ada atasan yang akan memarahi Anda atau menyuruh Anda melakukan sesuatu yang tidak Anda suka. Tidak ada peraturan perusahaan yang akan menyulitkan Anda. Jika Anda tidak menyukai pekerjaan tersebut, Anda cukup mencari pekerjaan lain dengan mudah tanpa ada ikatan kontrak perusahaan.
  • Pendapatan yang Lebih Besar

    Biasanya seorang pekerja lepasan mendapatkan pendapatan yang lebih besar karena semua keuntungan dapat dinikmati sendiri atau bila harus berbagi, porsinya lebih besar dibandingkan gaji yang biasa diterima. Sebagai pekerja freelance, Anda bisa mengatur sendiri besarnya pendapatan yang ingin Anda terima.

 

Susahnya Seorang Freelancer

Selain hal-hal yang positif, freelancer juga harus menghadapi hal negatif yang kurang menyenangkan, misalnya:

  • Tidak ada kepastian pendapatan tetap setiap bulan

    Berbeda dengan pekerja kantoran yang menerima gaji setiap bulan, freelancer harus berjuang mencari proyek agar mendapatkan penghasilan tiap bulan.
  • Siap bekerja di hari libur

    Anda mungkin harus menerima telapon atau terpaksa megerjakan proyek Anda pada hari Minggu akibat deadline yang sudah dekat. Atau pada saat orang lain sedang rekreasi, Anda terpaksa sibuk mengerjakan proyek tersebut karena pesanan pemilik proyek. Bahkan karena tidak dibatasi jam kerja, Anda harus mengerjakan pekerjaan tersebut hingga larut malam. Bahkan tidak jarang pekerja freelance tidak tidur untuk menyelesaikan proyek mereka.
  • Mengerjakan banyak hal sendiri

    Selain mengerjakan proyek yang akan dibuat, bila Anda harus mencari proyek sendiri, berarti Anda harus bertindak seperti seorang tenaga penjualan (sales), belajar berbicara yang menarik seperti seorang public relation, mengatur pemasukan dan pengeluaran uang selama mengerjakan proyek seperti seorang akuntan, dan tentunya sebagai tenaga ahli di bidang yang Anda kerjakan.

 

Tips Menjadi Freelancer yang Berhasil

Tidak sedikit freelancer yang gagal akibat tidak mampu mengerjakan atau mendapatkan proyek sehingga tidak menerima bayaran. Bila Anda tidak mau hal ini menimpa Anda, ada beberapa hal yang harus Anda lakukan, yaitu:

  • Disiplin

    Karena Anda bebas menentukan waktu untuk mengerjakan proyek Anda, bukan berarti Anda bisa bebas. Jika Anda tidak disiplin, maka proyek menjadi terbengkalai dan melewati tenggat waktu yang telah ditentukan, sehingga tidak dapat diselesaikan. Disiplin waktu harus diterapkan dengan baik saat mengerjakan suatu proyek.
  • Memiliki jaringan yang luas

    Karena harus mencari proyek sendiri, maka bila Anda mempunyai lebih banyak teman, tentu dapat membantu Anda menemukan proyek yang diinginkan.
  • Perhatikan bakat dan sifat

    Tiap orang memiiki bakat dan sifat yang unik. Perhatikan hal tersebut dalam diri Anda sehingga Anda dapat menemukan bidang yang sesuai dan bukan hanya sekedar mengikuti trend. Misal: Jika Anda seorang yang pemalu bila harus menawarkan suatu produk ke teman-teman, maka menjadi seorang agen asuransi mungkin tidak cocok untuknya.
  • Customer oriented

    Konsumen dapat menjadi sarana promosi yang efektif. Bila hasil kerja Anda baik, dia tentu akan memberitahukan ke teman-temannya yang berarti menjadi calon konsumen bagi Anda.
  • Harga yang cocok

    Maraknya persaingan mungkin membuat Anda berpikir harus menurunkan biaya jasa Anda, padahal bila terlalu rendah, Anda dapat mengalami kerugian yang membuat Anda gagal. Jasa dapat ditentukan berdasarkan pengalaman dalam mebuat proyek yang sama, portfolio, testimoni dari konsumen Anda, dan lainnya.

Menjadi pekerja kantoran atau pekerja lepasan merupkan pilihan. Bakat atau sifat menentukan. Semoga Anda dapat menemukan pekerjaan yang sesuai dan menikmati kebahagiaan. Siapkah Anda menjadi seorang freelancer?

Topik: Wirausaha

Silahkan baca artikel berikut

Artikel lainnya tentang: Wirausaha

Tulis komentar