Kumpulan InfoTeknologiTips TeknologiTips Memilih Kamera Digital
Tips Memilih Kamera Digital
Pilihlah kamera digital yang tepat untuk Anda. Yang paling mahal dan paling hebat belum tentu cocok untuk Anda.

Kumpulan.info - Memiliki kamera digital sudah menjadi tren gaya hidup masa kini. Saat ini, hampir semua perangkat mobile seperti handphone maupun tablet telah memiliki fasilitas built-in camera. Namun, jika Anda senang membuat foto, kamera saku atau pocket camera dan kamera yang lebih tinggi kelasnya, bisa menjadi pilihan. Apa yang harus diperhatikan saat akan membeli kamera? Lalu apa saja kesalahan yang sering dilakukan dan dihindari saat akan membeli kamera?


Sebelum Anda Tiba di Toko

Berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum Anda tiba di toko untuk membeli kamera digital:

  • Tanya rekomendasi teman

    Saat ini, sebagian besar orang memiliki kamera digital. Coba kumpulkan informasi dan referensi dari teman, kerabat atau anggota keluarga. Tanya mereka apa saja keunggulan dan kelemahan dari kamera yang mereka miliki untuk menentukan merk dan tipe kamera.
  • Tentukan jenis lensa kamera

    Obyek apa yang lebih sering ingin Anda foto, menentukan jenis kamera. Misalnya, jika obyek Anda adalah pemandangan alam, maka lensa dengan jangkauan luas lebih tepat.
  • Tentukan resolusi kamera

    Jika Anda senang mencetak hasil foto Anda, maka ukuran hasil cetakan yang Anda inginkan akan menentukan resolusi kamera yang akan Anda beli. Jika hasil cetakan hanya seukuran kartu pos (postcard), maka kamera dengan resolusi 1 megapixels sudah cukup. Namun jika Anda ingin mencetak hingga ukuran A3 atau lebih besar, pilihlah kamera dengan megapixel yang lebih tinggi, misalnya 4 megapixels, 6 megapixels, atau bahkan 10 megapixels.
  • Tentukan ukuran kamera

    Saat ini, baik kamera saku atau pocket maupun kamera profesional (misalnya SLR), memiliki beragam ukuran dan bentuk. Pilihlah yang paling mudah dan nyaman Anda genggam.
  • Pelajari istilah kamera digital

    Pelajari berbagai istilah yang ada dalam spesifikasi sebuah kamera digital. Anda dapat membandingkan keunggulan berbagai kamera dengan mempelajari berbagai istilah dalam spesifikasi kamera.

    Untuk berbagai istilah pada kamera digital, silahkan lihat tautan berikut: Kenali Istilah dalam Kamera Digital.
  • Tentukan budget

    Tentukan anggaran yang akan Anda keluarkan untuk membeli kamera. Sekali Anda sudah tetapkan, berpautlah pada anggaran tersebut dan jangan tergoda dengan jenis kamera yang lebih mahal.
  • Tentukan konektivitas

    Tentukan kamera yang Anda beli dapat dihubungkan dengan berbagai perangkat elektronik lainnya. Misalnya Anda perlu memastikan bahwa data foto Anda ingin dapat dilihat di komputer ataupun ditampilkan di televisi yang telah memiliki koneksi USB.

 

Saat Anda Tiba di Toko

Berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan saat Anda telah tiba di toko untuk membeli kamera digital:

  • Sesuaikan dengan tingkat keahlian

    Beli kamera yang sesuai dengan tingkat keahlian Anda. Kesalahan yang umum terjadi, banyak fotografer pemula membeli kamera yang terlalu mahal dan kemampuan yang hebat. Kamera saku atau pocket camera maupun kamera semi profesional sudah cukup jika Anda adalah seorang fotografer pemula. Setelah keahlian Anda bertambah, baru Anda rencanakan membeli kamera yang lebih tinggi dan mahal.
  • Coba berbagai merk dan tipe

    Coba beberapa model kamera yang tersedia sesuai yang telah Anda tetapkan dan yang paling cocok untuk kebutuhan Anda.
  • Coba di berbagai intensitas cahaya

    Cobalah kamera tersebut di berbagai tingkat pencahayaan. Cari dengan hasil yang terbaik.
  • Bandingkan harga

    Buat perbandingan harga berdasarkan spesifikasi kamera maupun hasil uji coba Anda. Catat merk dan model kamera tersebut. Jika memungkinkan, Anda bisa mencari di Internet beberapa perbandingan harga untuk merk dan tipe kamera yang Anda pilih. Carilah toko dengan harga yang terbaik namun memiliki layanan purna jual yang baik.
  • Pastikan garansi dan layanan purna jual

    Periksa garansi kamera sebelum Anda beli, dan tanya bagaimana layanan purna jual yang berhak Anda dapatkan.

 

Beberapa Kesalahan Umum saat Membeli Kamera

Berikut ini beberapa hal yang menjadi kesalahan umum saat seseorang membeli kamera digital:

  • Tidak pelajari istilah kamera digital

    Anda tidak mempelajari jargon atau istilah yang umum dalam spesifikasi teknis sebuah kamera. Dengan meluangkan waktu untuk mempelajari istilah atau jargon kamera digital, seperti resolusi, lensa, fokus, zoom, megapixels, dan lainnya, Anda akan memiliki gambaran yang jauh lebih baik mengenai kamera yang akan Anda beli. Petugas di toko juga akan lebih mudah membantu Anda menemukan kamera yang tepat.

    Untuk berbagai istilah pada kamera digital, silahkan lihat tautan berikut: Kenali Istilah dalam Kamera Digital
  • Berfokus pada Spesifikasi yang Salah

    Seseorang ingin membeli kamera dengan resolusi 10 megapixels, padahal perbedaannya dengan resolusi 8,5 megapixels tidak terlampau jauh, apalagi untuk fotografer pemula. Contoh lain, kemampuan zoom kamera. Jangan terkecoh dengan kemampuan zoom yang tinggi, padahal itu merupakan digital zoom dan bukan optical zoom yang hasilnya jauh lebih baik. Jangan berpaku pada angka, tapi pastikan dulu dan lebih baik Anda mencoba langsung dan melihat hasilnya.
  • Memboroskan uang

    Beberapa fotografer pemula memboroskan uang untuk membeli kamera mahal, padahal hanya untuk mengambil foto dengan teknik yang dapat dilakukan sepenuhnya oleh kamera saku.
  • Membeli merk tidak terkenal

    Kamera dengan merk terkenal biasanya telah melalui serangkaian uji coba. Sedangkan merk tidak terkenal, memang menawarkan kamera dengan harga yang murah, tapi hasilnya jauh dari memuaskan. Coba selalu membeli dengan merk yang sudah dikenal baik.
  • Tidak mencoba sebelum membeli

    Kesalahan lain, Anda membeli berdasarkan brosur atau spesifikasi teknis yang tertulis saja. Padahal jika Anda mencoba terlebih dulu, Anda bisa melihat hasil foto Anda. Selain itu, Anda bisa memilih kamera yang sesuai dengan genggaman tangan Anda, sehingga semua tombol mudah dijangkau oleh jari-jari Anda dan mudah dioperasikan.

Sekarang Anda telah lebih siap untuk memiliki sebuah kamera digital.

Topik: Gadget

Silahkan baca artikel berikut

Artikel lainnya tentang: Gadget

Tulis komentar