Kumpulan InfoTeknologiInternetPromosi Toko Online Secara Efektif
Promosi Toko Online Secara Efektif
Promosi toko online wajib dilakukan agar banyak pengunjung membeli produk yang Anda tawarkan.
Photo: ©keed.co

Kumpulan.info - Seperti halnya berjualan secara offline, promosi adalah hal penting untuk mengenalkan toko dan produk yang dijual dengan tujuan unutk menarik pembeli. Dengan promosi yang tepat, Anda dapat dengan lebih mudah menjual produk untuk meraup keuntungan. Tetapi, maraknya situs web yang menjual produk sejenis dengan produk yang Anda jual menjadi tantangan tersendiri agar toko Anda lebih dikenal. Promosi toko online wajib Anda lakukan. Bagaimana cara mempromosikan toko online Anda dengan efektif?

Seiring perkembangan jaman, toko online semakin diminati dan dipercaya sebagai tempat untuk membeli sesuatu. Di daerah perkotaan yang umumnya memiliki warga yang sibuk, proses jual beli dapat dilakukan tanpa harus bertemu muka secara langsung atau yang dikenal dengan transaksi online. Agar toko online ramai dikunjungi, Anda dapat melakukan promosi menggunakan beberapa cara berikut ini.

 

Gunakan nama domain yang mudah diingat

Jika seseorang telah mengunjungi atau membeli produk pada toko online Anda, maka ada kemungkinan pembeli tersebut akan kembali mengunjungi toko online Anda. Untuk memudahkan pembeli menemukan toko online Anda, buatlah nama yang mudah diingat. Menggunakan nama domain yang pendek atau berkesan merupakan salah satu cara agar nama toko online Anda mudah diingat.

 

Mudah ditemukan dengan Google

Sebagian besar dari kita, pasti menggunakan Google ketika akan mencari informasi tertentu. Google memang telah menjadi media seseorang mencari sesuatu atau ketika akan berselancar di Internet, termasuk ketika akan membeli produk tertentu. Maka, usahakan agar website Anda berada di halaman-halaman awal Google. Salah satu cara adalah dengan menggunakan teknik SEO (Search Engine Optimation) agar mudah dikenali Google. Berada di urutan atas Google menjadi penting karena biasanya pencari informasi tidak melihat sampai halaman-halaman terakhir dari hasil pencarian Google. Biasanya hanya halaman pertama sampai halaman ketiga yang dilihat.

 

Promosi melalui jejaring sosial

Jejaring sosial seperti Facebook atau Twitter telah menjadi salah satu website yang paling banyak dikunjungi pengguna internet. Anda dapat memanfaatkan situs ini untuk memperkenalkan toko online. Misalnya dengan memasang foto produk Anda dan men-tag foto tersebut kepada teman-teman Anda. Mengingat banyaknya yang suka berselancar di jejaring sosial, maka memasang foto dan penjelasan lain tentang produk juga membantu seseorang yang tidak Anda kenal melihat foto produk Anda ketika dia sedang menjelajah jejaring sosial.

 

Iklan online

Mengenalkan produk Anda secara online dapat dilakukan dengan memasang iklan toko online di beberapa situs web yang sudah dikenal, Hanya saja, memasang iklan pada website yang sudah dikenal, Anda perlu membayar. Sedangkan, jika ingin mencoba iklan online tanpa bayar, Anda dapat memasang iklan baris gratis atau bisa juga mengenalkan produk atau alamat toko online pada beberapa forum jual beli seperti Kaskus atau melalui mailing list.

 

Promosi offline

Selain dengan cara online, beriklan dapat juga dilakukan secara offline. Misalnya dengan beriklan di surat kabar, membuat stiker, membagikan voucher, menjadi sponsor saat pertemuan komunitas tertentu atau saat acara-acara tertentu. Yang paling mudah adalah memperkenalkan kepada teman-teman Anda secara lisan atau melalui email.

Topik: Internet

Silahkan baca artikel berikut

Artikel lainnya tentang: Internet

Tulis komentar