Kumpulan InfoKulinerWisata KulinerJajanan Khas Bandung yang Nikmat
  • Surabi

    Surabi
    Photo: ©wikipedia.org

  • Siomay

    Siomay
    Photo: ©wikipedia.org

  • Batagor

    Batagor
    Photo: ©wikipedia.org

  • Peuyeum Molen

    Peuyeum Molen
    Photo: ©wikipedia.org

Jajanan Khas Bandung

Kumpulan.info - Selain memiliki pemandangan dan udara yang yang masih sejuk, kota Bandung menjadi tujuan wisata karena memiliki keanekaragaman kuliner yang menarik untuk dicoba. Salah satu kuliner yang layak dicoba di kota kembang ini adalah jenis makanan ringan khas yang terkenal dari kota ini. Yuk, intip jajanan terkenal yang merupakan ciri khas dari wisata kuliner di kota Bandung.


Surabi atau Serabi

Makanan khas Bandung yang terbuat dari tepung ini mirip dengan pancake. Perbedaannya, surabi dibuat dengan cara dibakar diatas tungku dan adonannya lebih tebal. Peralatan yang digunakan untuk membakar menggunakan alat sederhana, yaitu dibakar dengan menggunakan tungku diatas cetakan yang terbuat dari tanah liat. Alat-alat sederhana inilah yang membuat rasanya masih terasa keasliannya.

Sebagai pelengkap, Anda dapat memilih toping untuk campurannya. Toping nangka, coklat keju, coklat, pisang, sosis atau duren. Tetapi jika ingin toping yang unik, Anda dapat mencoba surabi toping oncom. Surabi yang terkenal dari kota Bandung adalah surabi yang berada di Jalan Setiabudi, dekat kampus NHI.

 

Siomay

Salah satu makanan yang sering dijumpai, mulai lingkungan sekolah, perumahan, perkantoran dan di pinggir jalan, kita akan sering menjumpai jajanan siomay. Terbuat dari daging ikan dicampur sagu, siomay semakin nikmat dengan bumbu kacang. Jika Anda sedang singgah di kota Bandung, cobalah untuk mampir ke Jl. Veteran Bandung. Di sini Anda akan menemukan siomay Kingsley yang telah menjadi favorit.

 

Batagor

Merupakan makanan yang masih bersaudara dekat dengan siomay. Singkatan dari bakso tahu goreng, batagor tampil dengan warna kecoklatan setelah digoreng. Adonan ikan dan tepung kanji digoreng yang ditambahkan dengan saus kacang dan perasan jeruk limau, yang akan menamah kenikmatan saat menyantapnya. Kota Bandung memiliki batagor yang menawarkan kelezatan yang telah banyak diakui penikmatnya. Anda dapat mengunjungi batagor Riri yang berada di kawasan Burangrang.

 

Peuyeum

Salah satu makanan khas kota Bandung yang sering dijadikan oleh-oleh adalah peuyeum. Jika Anda belum familiar dengan apa itu peuyeum, mungkin makanan yang mirip dan lebih dikenal luas adalah tape. Yaitu singkong yang difermentasikan sehingga rasanya menjadi manis, asam dan beralkohol. Peuyem memang mirip dengan tape, perbedaannya peuyeum lebih kering karena cara pembuatannya sedikit berbeda. Dalam penyajiannya, Anda dapat mencoba peuyeum dengan toping keju atau coklat dan variasi toping lainnya. Peuyeum yang dapat dicoba ketika berkuliner di Bandung ada di dekat terminal Leuwi Panjang. Beberapa toko kue terkenal di Bandung juga menyediakan variasi dari peuyeum seperti peuyeum molen.

 

Colenak

Kepanjangan colenak adalah "dicocol enak". Nama yang lucu ini merupakan nama yang diberikan pedangang pertamanya pada tahun 1930-an. Merupakan modifikasi dari peuyeum, colenak adalah peuyeum yang dibakar diatas arang kemudian diguyur cairan gula merah kental dan diberi parutan kelapa. Ingin mencoba mencocol dan merasakan enaknya colenak? Sempatkan untuk mampir ke kawasan Ciputra Bandung.

 

Memang kota Bandung menawarkan beraneka ragam jajanan lezat dan istimewa seperti brownies, es krim, yoghurt dan lainnya. Namun, sempatkan diri untuk singgah menikmati jajanan lezat tradisional dari wisata kuliner kota Bandung. Jajanan lezat ini dapat dinikmati dalam suasana santai sambil menikmati keindahan kota Bandung. Anda juga bisa membawa pulang sebagai oleh-oleh khas Bandung untuk kerabat dan keluarga Anda.

Silahkan baca artikel berikut

Artikel lainnya tentang: Kuliner Bandung

Tulis komentar