Kumpulan InfoKecantikanArtikel KecantikanRambut Keriting atau Lurus?
Rambut Keriting atau Lurus?
Model rambut setiap orang berbeda-beda. Pilihlah yang paling cocok untuk wajah dan penampilan Anda.

Kumpulan.info - Bosan dengan rambut Anda? Jika bosan dengan rambut lurus, Anda dapat mencoba mengubah penampilan dengan mengeriting rambut. Atau jika Anda dilahirkan dengan rambut keriting, coba kagetkan keluarga dan teman-teman dengan melakukan smoothing pada rambut Anda. Apa kesan dari masing-masing model rambut? Serta bagaimana teknik menghasilkan model rambut yang baik dan merawatnya? Info berikut akan membuat rambut keriting atau rambut lurus Anda terlihat lebih manis dan sehat.


Rambut Keriting

Dengan rambut ikalnya, seorang wanita akan terlihat lebih seksi dan itulah yang membuat kebanyakan pria menyukai model rambut ini, selain dengan rambut keriting, seorang wanita terlihat lebih feminin. Itulah kesan yang dihasilkan dari rambut ikal tersebut. Efek negatifnya, rambut yang dikeriting lebih rentan kering. Hal ini karena poros rambut terbuka yang akhirnya menyebabkan tiap helai rambut kehilangan kelembapannya. Rambut keriting cocok untuk mereka yang berwajah tirus atau wajah dengan rahang keras karena dapat memperlembut dan meyamarkan bentuk wajah.

Teknik Pemotongan

  • Setelah melalui proses pengeritingan dan ingin membentuk model rambut, sebaiknya minta agar rambut dipotong dalam keadaan kering agar bentuk yang dihasilkan tidak berbeda.
  • Jangan dipotong dengan model layering atau teknik chopping. Model layering akan membuat rambut terlihat tipis sehingga merusak kesan indah dari rambut keriting membuat rambut ber-volume.
  • Buat model long layers antara leher dan bahu sehingga rambut terlihat lebih rapi.

Perawatan Rambut Keriting

Permasalahan yang dihadapi rambut keriting adalah rambut menjadi kering dan rapuh. Maka, cara merawatnya adalah:

  • Jangan terlalu sering mencuci rambut. Keramas dapat dilakukan 2 hari sekali agar kelembapan rambut tidak mudah hilang.
  • Gunakan deep conditioner saat tidak sedang keramas. Pada saat mandi, Anda dapat membasahi rambut, mengoleskan deep conditioner, kemudian dibilas.
  • Untuk menambah kelembapan rambut, dapat menggunakan conditioner tanpa bilas. Gunakan pada ujung-ujung rambut.
  • Agar rambut menjadi kuat, gunakan masker rambut seminggu sekali.

 

Rambut Lurus

Smoothing yang menghasilkan rambut menjadi lurus akan menghasilkan penampilan yang terlihat lebih rapi dan terkesan profesional. Rambut lurus cenderung lebih berkilau karena protein yang masuk terkunci sehingga rambut lebih lembap. Tetapi, rambut lurus kurang cocok untuk Anda yang berwajah tirus atau memiliki wajah yang kecil.

Teknik Pemotongan

  • Model layering atau model rambut lain yang menipiskan daat menjadi pilihan. Dengan ditipiskan, rambut terlihat lebih bertekstur dan bervolume.
  • Teknik potongan tumpul atau blunt cut pada tulang selangka dan dada yang akan membuat wajah terlihat lebih segar.

Perawatan Rambut Lurus

  • Dapat menggunakan shampo khusus untuk rambut lurus. Jika tidak, cukup menggunakan sampo yang mengandung bahan anti kusut.
  • Pakai kondisioner ringan. Karena rambut lurus cenderung berminyak, maka hindari menggunakan deep conditioner yang akan membuat rambut terlihat berminyak dan lepek.
  • Agar tidak rusak, dapat menggunakan produk khusus perawatan rambut lurus yang berfungsi memperbaiki kutikula rambut dan sebagai antioksidan.

Jika ingin melihat bagaimana penampilan Anda setelah dikeriting atau diluruskan, Anda dapat mencobanya secara temporer dahulu. Misalnya, mengeriting rambut dengan dengan alat pengeriting termporer atau menggunakan roll rambut. Meluruskan rambut sementara dapat dilakukan dengan alat catok. Jangan lupa menggunakan serum sebelum menggunakan alat-alat tersebut agar rambut tidak menjadi rusak.

 

Keriting atau Lurus

Mengganti penampilan rambut bisa membuat wajah Anda berbeda. Silahkan pilih mana bentuk rambut yang Anda sukai, apakah rambut lurus atau rambut keriting, semua terserah selera Anda.

Topik: Rambut

Silahkan baca artikel berikut

Artikel lainnya tentang: Rambut

Tulis komentar