Kumpulan InfoTeknologiInternetAturan Belanja Online
Aturan Belanja Online
Saat berbelanja secara online, pastikan Anda website yang Anda kunjungi dapat dipercaya sebelum Anda melakukan pesanan.

Kumpulan.info - Belanja online memang menyenangkan dan bisa jadi akan menghemat. Dengan mengunjungi toko online, kita tidak perlu keluar rumah sehingga akan menghemat waktu, energi dan juga biaya. Anda bisa santai-santai di rumah sampai barang datang. Tetapi, ada beberapa aturan yang harus ditaati agar Anda tidak terjebak. Bagi Anda yang sering belanja online wajib tahu aturan-aturan tersebut.


Jenis Belanja Online

Sekitar 57% dari pengguna internet di Indonesia suka belanja online. Ada 2 jenis bentuk belanja online. Pertama, toko online yang menyediakan website tertentu sebagai tempatnya memajang produk-produk dan melakukan transaksi jual beli atau yang disebut dengan e-commerce. Kedua, jual beli melalui forum jual beli (FJB) atau dengan cara obrolan. Penjual memasarkan produknya dalam forum tersebut untuk menarik pembeli.

Membeli barang melalui internet memang lebih praktis dan mudah karena bisa dilakukan sambil melakukan aktivitas lain. Bisa dilakukan tanpa harus meninggalkan rumah atau kantor, sehingga kegiatan lain dapat tetap dijalankan. Berbagai produk tersedia tanpa harus berkeliling secara fisik yang melelahkan. Bahkan, Anda dapat belanja barang-barang dari luar negeri yang belum ada di Indonesia. Kemudahan lain, jam buka toko online selama 24 jam, sehingga walau tengah malam, Anda dapat tetap berbelanja. Walaupun menyenangkan, belanja online bisa menjadi malapetaka jika Anda tidak berhati-hati.

 

Aturan Belanja Online

Berikut ini aturan yang perlu Anda ikuti saat melakukan belanja online:

  • Mengenal Penjual

    Lakukan interaksi untuk mengenal penjual. Interaksi bisa dilakukan dengan cara chating, email, atau dengan memposting komentar. Membaca testimonial dari para pembeli atau komentar-komentar pada toko online membantu Anda mengenal penjual. Bisa juga melakukan searching untuk mengetahui lebih lanjut tentang si penjual. Mengenal penjual sangat penting agar Anda tidak menjadi korban penipuan.
  • Mengenal Produk

    Untuk memastikan produk yang ingin dibeli, Anda dapat menanyakan detail produk seperti warna, ukuran atau info lainnya jika belum tercantum. Karena Anda tidak dapat meraba langsung barang yang akan dibeli, detail produk menjadi sangat penting agar barang yang dibeli sesuai dengan apa yang dicantumkan. Jika Anda ragu, bisa membeli beberapa dahulu sebagai contoh karena kadang barang yang ditampilkan tidak sama dengan bentuk aslinya.
  • Bandingkan Harga

    Agar tidak terjebak membeli barang dengan harga mahal, sebaiknya Anda membandingkan harga produk yang ingin dibeli pada website lainnya. Ini merupakan salah satu cara berbelanja dengan cara hemat. Jangan lupa tanyakan diskon dalam membandingkan harga.
  • Pembayaran yang Aman

    Agar tidak tertipu, pilih pembayaran yang aman. Beberapa cara pembayaran dalam berbelanja online antara lain pembayaran dengan transfer, cash on delivery, internet banking, mobile payment, pembayaran dengan kartu kredit atau dengan deposito.
  • Tetap Hemat

    Karena kemudahannya, toko online menjadi sarana cuci mata yang sangat menggoda. Berbagai produk dengan warna yang menarik dan harga murah bisa dengan mudah dilihat hanya dengan melakukan klik, tindakan yang sangat mudah namun bisa dengan mudah pula menguras kantong. Beli produk yang memang dibutuhkan, bukan karena lapar mata.

Silahkan klik ini dan itu untuk mengisi keranjang belanja Anda di toko online tetapi tetap ingat aturannya agar belanja online tidak merugikan dan mengacaukan anggaran Anda.

Topik: Internet

Silahkan baca artikel berikut

Artikel lainnya tentang: Internet

Tulis komentar