Masalah Keluarga

Siapkah Anda Menghadapi Bencana Alam?
Bencana

Siapkah Anda Menghadapi Bencana Alam?

Masalah Keluarga: Bencana

Kita semua tidak ingin mengalami bencana alam, namun banyak bencana alam yang tidak dapat diprediksi dengan akurat. Statistik menunjukkan jumlah bencana alam terus meningkat akhir-akhir ini. Untuk menghindari banyak korban ketika bencana alam terjadi, ada baiknya Anda dan keluarga telah mempersiapkan diri. Selain itu, Anda harus tahu apa langkah tepat yang harus segera dilakukan ketika bencana tiba. Apa saja yang perlu dipersiapkan dan dilakukan saat terjadi gempa bumi, banjir, badai, tsunami, ataupun gunung meletus?

Tsunami
Bencana

Bencana

Tsunami

Tsunami terjadi akibat adanya gelombang laut yang cukup besar menuju pantai. Umumnya disebabkan karena gempa bumi. Karena itu Anda perlu memberi perhatian dengan saksama semua petunjuk yang diberikan saat menghadapi tsunami.

Banjir
Bencana

Bencana

Banjir

Banjir merupakan problem yang umum terjadi di banyak kota besar di Indonesia. Selain itu, rumah yang berada di sepanjang aliran sungai juga berpotensi terkena banjir. Di musim hujan, jika terjadi hujan deras terus menerus, maka banjir akan tiba. Meski kedatangan banjir biasanya sudah bisa diprediksi sebelumnya, namun dengan mempersiapkan diri, kita akan lebih siap menghadapi banjir.

Mengapa Mereka Bunuh Diri?
Problem

Problem

Mengapa Mereka Bunuh Diri?

Setiap dua hari sekali, di Jakarta terjadi bunuh diri. Begitu banyaknya kasus bunuh diri belakangan ini, memang memprihatinkan. Banyak orang mengambil jalan pintas untuk mengakhir problemnya dengan mengakhiri juga hidupnya. Dan orang sudah tidak takut lagi melakukan bunuh diri. Alasan seseorang bunuh diri begitu pribadi dan tidak bisa diketahui, namun meresahkan. Bagaimana tanda-tanda pada orang yang merencanakan bunuh diri? Dan bagaimana sebagai orang terdekat dan keluarga, kita bisa membantunya mengatasi perasaan ingin bunuh diri?

Gunung Meletus
Bencana

Gunung Meletus

Masalah Keluarga: Bencana

Gunung meletus terjadi akibat letusan gunung berapi yang dahsyat yang mengeluarkan berbagai batuan, abu, cairan panas, lahar dan gas ke udara. Berbagai tanda sebuah gunung siap meletus biasanya bisa diketahui beberapa hari hingga minggu sebelumnya. Maka yang terbaik mengikuti arahan untuk mengurangi kerugian akibat gunung meletus.

Badai
Bencana

Bencana

Badai

Badai terjadi karena cuaca yang ekstrem. Badai biasanya disertai petir dan angin kencang yang bisa menghancurkan dan mengangkat bagian-bagian bangunan dan pohon. Karena itu perlu persiapan khusus menghadapi badai.

Gempa Bumi
Bencana

Bencana

Gempa Bumi

Gempa bumi sering terjadi belakangan ini. Bahkan beberapa gempa bumi terjadi cukup besar dan berpotensi menimbulkan tsunami di beberapa tempat. Banyak gempa tidak dapat diprediksi oleh manusia. Oleh karena itu, persiapan yang matang perlu dilakukan dalam menghadapi gempa bumi mengingat hampir semua wilayah di Indonesia berpotensi terjadi gempa.