Kumpulan InfoKeluargaIstriBayi Belajar Sejak Dalam Kandungan
Bayi Belajar Sejak Dalam Kandungan
Sejak dalam kandungan, bayi bisa belajar dan mengenal lingkungan sekitarnya, dari sentuhan maupun apa yang ia dengarkan.

Kumpulan.info - Belajar dapat dilakukan bahkan sejak bayi masih berada di dalam kandungan. Sebagai orang tua, tentu ingin dekat dengan sang buah hati dan melatih anaknya agar bertumbuh dengan baik dan menjadi anak yang pandai. Mengajar seorang bayi, bahkan di dalam kandungan, dapat dilakukan dengan cara yang menyenangkan. Bagaimana caranya mengajar bayi yang masih ada di dalam kandungan bagi ibu hamil?


Mengajar Bayi di Kandungan

Memasuki trimester kedua, bayi sudah dapat merespon keadaan sekitarnya. Mereka sudah dapat mendengar atau melakukan reaksi dengan menendang atau memukul perut sang ibu. Maka sangat baik jika Anda melakukan kegiatan-kegiatan yang dapat merangsang pertumbuh otak yang akan menunjang kecerdasannya. Berbagai kegiatan belajar dan bermain yang dapat Anda lakukan bersama si janin, misalnya:

  • Mengusap Perut

    Bayi dapat mulai merasakan sentuhan dari luar tubuh Anda. Maka Anda dapat menunjukkan rasa sayang Anda dengan mengusap perut. Ini jug amenjadi tanda bagi bayi bahwa Anda mengajaknya berkomunikasi.
  • Ajak Bicara

    Bercerita pada bayi Anda tentang kegiatan yang Anda lakukan hari ini, menanyakan keadaannya, melontarkan sebuah lelucon atau menceritakan pemandangan indah yang sedang Anda lihat dapat membuat Anda semakin akrab dengan bayi Anda, Perasaan senang Anda dapat mempengaruhi perkembangannya. Tetapi, hindari menceritakan hal-hal yang membuat Anda sedih atau marah karena kesedihan dan kemarahan membuat pertumbuhan anak tidak baik dan tidak menjadi anak yang ceria.
  • Bacakan Cerita

    Membacakan sebuah buku dongeng akan melatih responnya. Pilih cerita yang sesuai dan bacakan cerita tersebut sebelum tidur. Saat membacakannya, gunakan nada suara dan intonasi yang berbeda sehingga cerita menjadi lebih hidup. Anda juga dapat mengatur atau meminta sang ayah yang membaca cerita tersebut sehingga si calon bayi akan mengenal suara ayahnya dan menciptakan ikatan dengan sang ayah.
  • Mendengarkan Musik

    Musik dapat menenangkan bagi ibu. Untuk janin, musik yang didengarnya akan merangsang pertumbuhan otaknya. Nikmati musik dalam suasana santai untuk hasil yang maksimal. Musik yang dipilih adalah musik yang menenangkan. Musik klasik biasa menjadi musik yang paling banyak dipilih, walau sebenarnya musik jenis apapun dapat dipilih asal dapat memberi ketenangan. Jika Anda atau suami bisa memainkan alat musik, Anda dapat menggunakan alat musik untuk meperdengarkan suaranya. Uniknya, setelah lahir, biasanya bayi akan mengenali musik atau alat musik yang sudah biasa didengarnya.
  • Menari

    Sambil diiringi musik atau dengan bersenandung, Anda dapat mengajak janin Anda menari. Kegiatan ini merupakan salah satu cara agar sang ibu lebih rileks. Ajak bicara janin Anda saat sedang menari. Agar lebih romantis, dapat juga melakukan kegiatan ini bersama suami tercinta. Jangan lupa untuk berhati-hati dalam gerakan dan tidak melakukan gerakan yang berlebihan agar tidak terjatuh atau cedera.

Lakukan kegiatan-kegiatan tersebut dalam porsi yang pas. Waktu 15 menit merupakan ukuran waktu yang tidak berlebihan baik bagi sang ibu maupun bagi si bayi di dalam kandungan.

Bermain dengan bayi dalam kandungan, selain merangsang pertumbuhan bayi sejak dalam kandungan, juga membantu ibu agar tidak stres dan menciptakan hubungan yang akrab dengan buah hati.

Topik: Kehamilan

Silahkan baca artikel berikut

Artikel lainnya tentang: Kehamilan

Tulis komentar